Penyebab Wanita Lebih Mudah Terkena Diabetes Dibandingkan Pria

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyebab wanita lebih mudah terkena diabetes dibandingkan pria. Saat ini angka penderita diabetes di Indonesia terbilang cukup tinggi sekitar 10,3 juta pada tahun 2017. Bahkan para pakar memprediksi angka ini akan terus bertambah sampai pada 16,7 juta jiwa kelak tahun 2045. Padahal penyakit yang satu ini terbilang berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi yang memicu kematian.

sumber gambar : merdeka.com

Dari jumlah sebanyak itu, ternyata kaum wanita mendominasi. Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Ternyata menurut para pakar keehatan mengatakan bahwa penyebab lebih banyak penderita diabetes di dunia kalangan wanita adalah karena cenderung lebih malas dalam menerapkan gaya hidup yang sehat. Akibat penyakit ini sekitar 2,1 jiwa melayang setiap tahunnya.

Baca Juga  Apa Yang Seharusnya Dilakukan Orang Tua Saat Anak Menderita DBD

Salah satu contoh wanita yang rentan mengalami diabetes adalah wanita hamil. Hal ini disebabkan karena mereka cenderung malas bergerak. Hal ini berbeda dengan kalangan pria yang lebih suka beraktivitas fisik. Saat kita tak banyak melakukan aktivitas fisik, maka pembakaran karbohidrat, glukosa, lemak dan kalori akan lambat. Kondisi ini akan memicu gangguan sistem metabolik dalam tubuh kita sehingga memicu munculnya penyakit diabetes, hipertensi dan kolesterol.

Baca Juga  Kacang Rebus Bisa Menjadi Solusi Bagi Anak Yang Alergi

Pada wanita yang sedang hamil, karena tubuh kurang banyak melakukan aktivitas fisik, maka akan membuat zat yang bernama AMPK tidak bisa berfungsi dengan baik. Padahal zat ini erat kaitannya dengan fungsi insulin dalam menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Akibatnya akan membuat kadar glukosa pada wanita hamil akan tinggi yang dikenal dengan diabetes gestasional atau penyakit diabetes yang hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Itulah penyebab mengapa kalangan wanita lebih rentan mengalami diabetes dibandingkan dengan pria. Untuk menurunkan resiko ini, maka sangat disarankan untuk tetap rutin beraktivitas fisik. Selain itu penting juga untuk menerapkan pola makan yang sehat.

Baca Juga  Manfaat Orgasme Bagi Pria Jika Dilakukan Setiap Hari

Artikel Terkait : Bahaya Komplikasi Diabetes Yang Mematikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *