Penyebab Umum Nyeri Lutut Pada Lansia

header niko 728 x 90

radang sendi pada lansia

InspirasiBersama.com – Sering sekali kita menjumpai seorang lansia yang mengeluhkan nyeri pada lutut. Bahkan bisa dibilang hampir semua lansia mengalami masalah ini. Penyebab umum nyeri lutut pada lansia adalah disebabkan karena adanya osteoartritis atau radang sendi.

Dalam dunia medis osteoartritis dikenal dengan sebutan OA. Penyakit yang sering melanda lansia ini bersifat kronis atau menahun yang terjadi akibat masalah pada tulang rawan. Yang membuat nyeri pada lutut adalah tulang rawan yang sudah menipis sehingga saat dibuat gerak akan terjadi gesekan antar tulang.

Kebanyakan dari para penderita radang sendi terjadi pada lutut. Bahkan angkanya mencapai 60 persen. Sebenarnya radang sendi bisa terjadi pada sendi manapun yang terdapat pada tubuh kita, namun kebanyakan terjadi pada lutut.

Radang sendi atau osteartritis ini sangat rentan terjadi pada lansia yang mengalami penurunan fungsi tubuh secara alami. Namun bukan berarti mereka yang mudah tidak ada yang menderita radang sendi. Ada sebagian orang yang masih berusia kurang dari 45 tahun namun sudah menderita radang sendi atau osteoartritis.

Baca Juga  ASI Keluar Sedikit ? Jangan Menyerah Lakukan Hal Ini

Disamping itu ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang menderita radang sendi selain faktor usia. Diantaranya adalah faktor obesitas dan mereka yang sering beraktivitas bertumpu pada lutut sebagai tumpuhan utama. Biasanya mereka adalah para olahragawan.

Apa tandanya kalau kita menderita radang sendi atau osteoartritis ?. Tandanya adalah adanya rasa nyeri yang terjadi saat kita bergerak, sendi menjadi kaku, adanya pembengkakan, saat malam hari biasanya nyeri akan lebih terasa.

Osteoartritis merupakan jenis penyakit yang belum ada obatnya atau tidak dapat disembuhkan. Namun penyakit ini bisa kita cegah dan diperlambat agar tidak sampai lebih parah. Untuk itu penting sekali melakukan pencegahan sedini mungkin agar kita terhindar dari penyakit radang sendi ini.

Baca Juga  Hati-Hati Lipstik Bisa Mengancam Nyawa Anda

Jika ada pasien yang datang ke dokter dan mengalami radang sendi, maka dokter akan memberikan obat yang sifatnya meredakan rasa nyeri yang disebabkan karena radang sendi. Obat tersebut tidak menyembuhkan, namun hanya mengurangi rasa sakit.

Bagi anda yang sering mengalami radang sendi yang masih ringan, maka anda bisa melakukan beberapa hal ini yang bisa dilakukan secara mandiri. Caranya adalah dengan cara melakukan kompres pada bagian sendi yang sakit, melakukan istirahat pada sendi yang sakit, serta rajin melakukan aktivitas fisik yang baik bagi kesehatan sendi.

Baca Juga  Beberapa Jus Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Pada kasus radang sendi atau osteoartritis yang bersifat kronis, terkadang dokter akan memberikan terapi injeksi antinyeri yang dipadukan dengan obat steroid atau antiinflamasi. Suntikan atau injeksi akan dilakukan pada sendi yang mengalami nyeri.

Dengan menggunakan terapi injeksi, maka seorang pasien akan lebih merasakan tidak nyeri lagi pada lutut. Sehingga banyak pasien yang mampu beraktivitas lagi setelah dilakukan terapi injeksi pada kasus radang sendi.
Artikel Terkait : Cara Meringankan Radang Sendi Dengan Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *