Penyebab Tumpukan Lemak Pada Perut Selain Makan Berlebihan

header niko 728 x 90

tumpukan lemak pada perut

InspirasiBersama.com – Memiliki perut yang buncit atau banyak tumpukan lemak memang membuat banyak orang merasa terganggu dari segi penampilan. Bukan hanya mengganggu penampilan saja, tumpukan lemak pada perut juga menjadi indikasi masalah kesehatan. Meskipun demikian, menghilangkan tumpukan lemak pada perut bukan perkara yang mudah. Banyak orang yang merasa kesulitan untuk bisa mengurangi tumpukan lemak dalam perut. Berikut penyebab tumpukan lemak pada perut selain makan berlebihan.

Banyak orang yang belum mengenal jenis lemak yang terdapat pada perut. Pada perut yang banyak tumpukan lemak, hal itu disebabkan karena banyaknya jumlah lemak visceral. Jenis lemak ini berbahaya karena mempunyai sifat yang aktif dalam metabolisme dan memicu terjadinya peradangan yang bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit kronik dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga  Benarkah Bayi Sebelum Berusia 40 Hari dilarang Untuk Keluar Rumah ?

Baca Juga : Hati-hati Dengan Perut Buncit Karena Bisa Memicu Penyakit

Untuk mengurangi asupan lemak visceral ini kita harus mengurangi asupan makanan yang mengandung gula dan karbohidrat. Karena kedua jenis makanan tersebut bisa membentuk lemak visceral.

Secara lengkap, berikut penyebab tumpukan lemak pada perut selain faktor makan secara berlebihan :

1. Genetik
Penyebab pertama munculnya tumpukan lemak dalam perut seseorang adalah disebabkan karena faktor genetik. Ya keturunan sangat mempengaruhi bentuk tubuh seseorang. Apabila orang tua atau keluarga anda mempunyai riwayat obesitas, maka besar kemungkinan anda juga mengalami hal yang sama. Namun jika ternyata genetik orang tua dan keluarga anda tidak ada riwayat obesitas atau tumpukan lemak dalam perut, maka anda juga kemungkinan besar tidak mengalaminya.
2. Perubahan hormon
Penyebab yang kedua adanya tumpukan lemak selain faktor makan berlebih adalah disebabkan karena adanya perubahan pada hormon. Hal ini sering kali terjadi pada seorang wanita. Mereka yang saat muda memiliki bentuk perut yang langsing, maka saat memasuki masa menopaouse akan terjadi perubahan hormon secara signifikan yang membuat banyak tumpukan lemak pada perut.

Baca Juga  Makanan yang Bisa Membuat Perut Tak Tahan Kenyang atau Cepat Lapar

3. Kurang tidur
Tahukah kita bahwa kurang tidur pada malam hari juga terbukti bisa menyebabkan tumpukan lemak dalam perut. Hal ini sudah terbukti berdasarkan hasil studi. Oleh karena itu sangat penting menjaga waktu tidur yang cukup pada malam hari sekitar 7-8 jam bagi orang dewasa.

4. Stres kronik
Penyebab terakhir banyaknya tumpukan lemak pada bagian perut selain faktor makan berlebih adalah karena adanya stres kronik. Saat seseorang mengalami stres, maka akan memicu pelepasan hormon kortisol yang membuat kita berkeinginan untuk banyak makan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini dikarenakan dengan makan makanan manis dan berlemak akan membuat tubuh kita lebih nyaman. Hal inilah yang memicu munculnya banyak tumpukan lemak pada bagian perut.

Baca Juga  Berikut Cara Mengenali Gejala Katarak

Artikel Terkait : Tips Jitu Melangsingkan Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *