Penyebab Terbanyak Kematian Ibu Akibat Pernikahan Dini

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ternyata berdasarkan sebuah data menunjukkan kalau penyebab terbanyak kematian ibu adalah lebih disebabkan karena pernikahan dini. Hal ini masih banyak dilakukan masyarakat kita terutama mereka yang berada di pelosok.

 

Saat berada dalam daerah pelosok, maka kita melihat fasilitas kesehatan yang sangat kurang sehingga menyebabkan pertolongan menjadi terhambat saat seorang ibu melahirkan. Kondisi ini juga memicu kematian pada ibu.

sumber gambar : http://weddingsjm.com/

Ada banyak daerah di Indonesia yang masih banyak angka perkawinan dini, misalnya saja NTB dan juga termasuk Jawa daerah pelosok. Masalah minimnya fasilitas kesehatan dan akses yang jauh juga menjadi pemicu beberapa daerah banyak terjadi kematian ibu melahirkan.

Baca Juga  Bisakah Susu Membuat Tulang Kita Sehat ?

Baca Juga : Bahaya Aborsi Bisa Memicu Kematian Ibu

 

Bagi anda yang bertempat tinggal di Jawa mungkin Puskesmas bisa kita jumpai di tiap desa atau kecamatan. Tetapi di luar Jawa fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan Bidan terbilang jauh dan akses transportasi yang juga belum memadai.

 

Dengan jarak yang jauh dengan Puskesmas, maka terkadang untuk mencapai kesana membutuhkan waktu lebih dari 2 jam. Dimana masa 2 jam saat melahirkan merupakan masa kritis seorang ibu saat melahirkan.

Baca Juga  Jenis Perhiasaan Yang Paling Banyak dicari di Dunia

 

Ternyata negara kita menduduki peringkat pertama angka kematian ibu (AKI) se Asia Tenggara. Ini menjadi peringkat yang sangat miris sekaligus memalukan. Ini menjadi indikator masih buruknya pelayanan kesehatan di negara kita.

 

Data yang dilansir dari Survey Demografi indonesia menyebutkan bahwa pada setiap kelahiran ibu sebanyak 100.000, maka terjadi kematian ibu sebanyak 102. Laporan ini berdasarkan tahun 2007.

 

Ternyata seiring bertambahnya tahun, angka kematian ibu akibat melahirkan ini tidak menurun. Justru trennya meningkat pada tahun 2012. Bayangkan saja terdapat 359 kematian akibat melahirkan dalam 100.000. Ini artinya bahwa terdapat satu ibu meninggal akibat melahirkan dalam kurun waktu setengah jam.

Baca Juga  Emosi Berpengaruh Pada Berat Badan Seseorang

Artikel Terkait : Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *