Penyebab Sering Mengigau Pada Saat Tidur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Apakah anda saat ini termasuk orang yang sering mengalami mengigau pada saat tidur ?. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa salah satu bentuk gangguan tidur adalah mengigau. Meskipun demikian, kondisi ini sebenarnya bisa dicegah dan diatasi.

sumber gambar : http://www.smylehipnoterapi.com/

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa yang dikatakan mengigau pada saat tidur yaitu seseorang yang berbicara sendiri tanpa disadari yang dilakukan saat tidur. Kondisi ini lebih sering disebut dengan somniloquy.

Jenis kata atau ucapan yang dikeluarkan oleh seseorang yang mengigau saat tidur juga terbilang tidak jelas, seperti gumaman, dan suatu monolog yang bersifat kompleks.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Hubungan Seks

Yang menjadi unik lainnya adalah saat kita tanya kepada orang yang suka mengigau saat tidur, maka mereka merasa tidak ingat dengan apa yang diucapkan selama tidur. Namun jika kita rekam, maka mereka akan merasa kaget dengan ucapan yang dia keluarkan saat tidur.

Secara umum semua orang termasuk anak-anak juga bisa mengalami mengigau. Namun kondisi yang paling sering terjadi pada laki-laki dewasa dan anak-anak.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa penyebab umum seseorang mengalami mengigau adalah disebabkan karena kurang tidur. Beberapa kondisi lain yang juga bisa menyebabkan adalah sedang stres, kecapean, depresi, suka mengkonsumsi alkohol dan mengalami demam tinggi.

Baca Juga  Tips Mengatahui Gaya Belajar Seorang Anak

Untuk mengatasi kebiasaan mengigau, maka sangat disarankan untuk meningkatkan kualitas tidur. Caranya adalah dengan menjaga kuantitas jam tidur yang cukup pada malam hari dan menghindari melakukan kegiatan sebelum tidur yang bisa mengurangi kualitas tidur seperti bermain gadget.

Baca Juga : Manfaat Tidur Dengan Kondisi Lampu Yang Gelap

Apabila ternyata kondisi mengigau belum juga hilang meskipun anda sudah mengusahakan untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur, maka sebaiknya berkonsultasi dengan seorang dokter ahli tidur untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga  Mengupas Efek Samping Hamil Pada usia Kurang Dari 20 Tahun

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *