Penyebab Seorang Pria Tak Mudah Menangis

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyebab seorang pria tak muda menangis. Kalau kita berbicara tentang ‘menangis’ maka identik dengan wanita. Bahkan ada anggapan kalau pria hukumnya ‘haram’ jika menangis. Padahal pada kenyataannya seorang pria juga bisa menangis pada kondisi tertentu. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pria cenderung sulit untuk menangis ?

sumber gambar : http://tesahajaush.blogspot.co.id/

Dalam sebuah hasil penelitian memang menyebutkan bahwa pria memiliki intensitas nangis yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan wanita. Diketahui bahwa pria hanya bisa menangis sebanyak 6 – 17 kali dalam kurun waktu setahun. Kondisi ini jauh berbeda dengan kalangan wanita yang bisa menangis sampai 30 sampai 60 kali dalam setahun. Menurut para pakar psikologis mengatakan bahwa yang membuat kaum wanita lebih sering menangis adalah karena faktor sosiologis dan fisiologis. Bila ada seorang pria yang diketahui juga mudah menangis, maka hal itu lebih dipengaruhi oleh pola asuh orang tua serta sifat pria itu sendiri.

Baca Juga  Benarkah Jika Kita Makan Buah Salak Dapat Membuat Proses Buang Air Besar Menjadi Susah?

Dari segi fisiologis, seorang pria diketahui hanya memiliki kadar hormon prolaktin yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita. Jenis hormon ini ternyata bisa kita temukan bersamaan dengan air mata yang keluar saat seseorang menangis karena emosional. Selain karena faktor perbedaan kadar hormon, masyarakat kita beranggapan kalau pria cenderung lebih tangguh dibandingkan dengan wanita sehingga lebih bisa mengendalikan keinginan untuk menangis.

Baca Juga  Inilah Penyebab Nyeri Kepala Saat Menstruasi

Sebenarnya menangis dan mengeluarkan air mata saat adanya pengaruh emosional memiliki manfaat juga bagi kesehatan. Dengan menangis dan mengeluarkan air mata, maka itu bisa membuang kandungan beracun dari dalam tubuh yang terjadi secara alami.

Secara fisiologis, proses menangis seseorang yang disebabkan karena faktor emosional terjadi akibat respon emosional yang terjadi pada sistem limbik yang erat kaitannya dengan sistem saraf. Saat ada respon emosional yang mendorong kita untuk menangis, maka sistem saraf inilah yang melakukan instruksi kepada tubuh agar mengeluarkan air mata.

Baca Juga  Hal Utama Yang Menyebabkan Seorang Pasangan Selingkuh

Artikel Terkait : Apa Tanda Orang Tua Yang Mengalami Depresi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *