Penyebab Seorang Anak Merokok di Usia Dini

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sering kita melihat seorang anak yang masih duduk dalam bangku SD atau SMP sudah mempunyai kebiasaan merokok. Kalau kita melihat hal ini akan terasa miris. Pasti kita bertanya dimana orang tua mereka ?. Seorang anak yang hidup tanpa orang tua memang kecenderungan mengalami perubahan emosi dan perilaku. Namun tidak semua anak seperti ini akan tumbuh menjadi anak yang kurang baik.

 

Hal ini didukung oleh hasil studi yang menyebutkan kalau seorang anak yang belum mencapai usia 11 tahun, namun sudah ditinggal oleh orang tuanya maka kemungkinan lebih besar anak anak melakukan merokok.

merokok-di-usia-dini

sumber gambar : SoB News

Yang dimaksud ditinggal oleh orang tua adalah bisa disebabkan karena orang tuanya bercerai, orang tua yang merantau dan jarang pulang, atau yang membuat kita sedih adalah orang tuanya meninggal dunia.

Baca Juga  Apakah Benar Minuman Ringan Yang Berlabel Sehat Menyehatkan ?

 

Untuk membuktikan studi ini, maka para peneliti yang berasal dari University College yang berada di London melibatkan 11.000 anak yang lahir pada tahun 2000 sampai 2002. Dari semua anak-anak tersebut para peneliti akan mengamati perilaku anak pada usia 9 bulan, 3 tahun, 5 tahun, 7 tahun dan terakhir pada usia 11 tahun.

 

Berdasarkan hasil studi tersebut menyebutkan kalau seorang anak yang tidak tinggal bersama orang tua, ternyata cenderung untuk melakukan kebiasaan merokok yang dilakukan sebelum usia 11 tahun. Kondisi ini berbeda dengan mereka yang tinggal bersama orang tuanya.

Baca Juga  Cara Ampuh Mengusir Stres Dengan Bermain di Alam Terbuka

 

Bukan hanya mempunyai kebiasaan merokok saja, hasil studi tersebut juga menyebutkan kalau kemungkinan juga melakukan kebiasaan minum alkohol yang dilakukan sebelum usia 11 tahun.

Baca Juga : Faktor Yang Menyebabkan Pubertas Dini Pada Anak Perempuan

 

Kesimpulannya adalah anak yang tinggal atau hidup tanpa orang tua mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mempunyai kebiasaan merokok dan minum alkohol dibandingkan dengan anak yang hidup berdampingan dengan orang tua.

 

Penyebab dari ini semua adalah karena pengawasan yang kurang dari orang tua tentang perilaku yang dilakukan oleh anak. Jika tidak ada orang tua anak akan bebas melakukan apapun yang mereka suka tanpa ada yang mengingatkan. Hal ini berbeda jika ada orang tua yang selalu mengingatkan tentang kebaikan.

Baca Juga  Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

 

Yang membuat kita miris adalah merokok dan minum alkohol menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Merokok akan menyebabkan resiko gangguan pernapasan seperti kanker paru dan serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian dini.

Artikel Terkait : Dampak Negatif Merokok di depan Anak 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *