Penyebab Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda

header niko 728 x 90

serangan jantung pada usia muda

InspirasiBersama.com – Saat ini penyakit jantung menjadi penyakit yang tidak erat kaitannya dengan usia lanjut. Saat ini banyak mereka yang tergolong muda namun sudah mengalami penyakit jantung. Salah satunya adalah meninggalnya artis Indonesia yang bernama Mike Mohede yang dikabarkan mengalami masalah jantung pada usia 32 tahun .

Banyak sekali kasus penyakit jantung yang saat ini melanda kaum muda. Sebenarnya apa yang menyebabkan para kaum muda bisa mengalami masalah jantung ?. Lantas bagaimana cara mencegahnya ?

Ternyata alasannya adalah berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan pada 760 mayat yang tergolong meninggal pada usia muda. Dari hasil studi didapatkan data bahwa mereka yang meninggal karena sebab penyakit jantung didapatkan adanya sumbatan pada pembuluh darah arteri yang disebabkan karena tingginya kadar kolesterol.

Baca Juga  Mengupas Manfaat Silaturahmi Bagi Kesehatan

Dengan adanya hasil studi ini, maka para ahli kedepan akan menggalakkan pencegahan penyakit jantung yang dilakukan sejak usia anak-anak. Hal ini dinilai sangat penting untuk menghindari serangan jantung pada usia muda.

Secara detail, dari hasil studi tersebut didapatkan data bahwa dalam pembuluh darah kaum pria yang banyak meninggal didapatkan sebuah plak atau gumpalan lemak yang bisa menyumbat pembuluh darah arteri koroner. Selain bisa berbahaya bagi jantung, sumbatan pembuluh darah juga meningkatkan resiko penyakit stroke.

Baca Juga : Bisakah Plak Dalam Darah dihilangkan ?

Berdasarkan sebuah hasil studi juga menyebutkan bahwa kaum pria lebih beresiko terkena penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan karena adanya plak dibandingkan dengan wanita.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Sayur Cepat Layu Meskipun Sudah Masuk Kulkas ?

Apalagi jika anda seorang laki-laki dengan berat badan yang berlebih atau obesitas yang memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, maka resiko terkena penyakit jantung akan semakin tinggi.

Selain itu sumbatan pada pembuluh darah arteri juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok, memiliki tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol baik yang rendah.

Bahkan dalam sebuah hasil penelitian yang lain juga menyebutkan bahwa seseorang yang berusia 20 sampai 30 tahun yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka akan sangat beresiko meninggal dengan serangan jantung.

Baca Juga  Mengapa Setelah Makan Terasa Sakit Perut ?

Dengan adanya hasil penelitian tersebut memberikan gambaran bahwa meskipun kita masih berusia muda, maka menjaga pola makan sehat, menjaga berat badan yang ideal, menjaga kadar kolesterol dalam batas normal, dan rajin olahraga menjadi yang yang sangat penting untuk menghindarkan kita dari penyakit jantung.

Artikel Terkait : Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *