Penyebab Penurunan Berat Badan Secara Drastis Bagi Penderita Diabetes

header niko 728 x 90

berat badan turun drastis

InspirasiBersama.com – Diabetes sekarang ini menjelma menjadi penyakit berbahaya yang banyak menyerang kita. Angka penderita diabetes di Indonesia tergolong tinggi. Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang erat kaitannya dengan faktor obesitas. Namun mungkin anda akan bertanya-tanya, mengapa meskipun banyak menyerang mereka yang obesitas malah justru membuat penurunan berat badan yang drastis bagi penderitanya ?

Kalau kita membaca banyak informasi tentang diabetes. Maka yang membuat kita prihatin adalah kebanyakan dari penderita diabetes tidak sadar kalau dirinya terkena diabetes. Mereka baru melakukan pemeriksaan ke dokter disaat mereka merasakan badannya semakin lama semakin kurus walaupun tidak melakukan diet.

Menurut salah seorang dokter ahli diabetes mengatakan bahwa penyebab penurunan berat badan secara drastis bagi penderita diabetes disebabkan karena masalah pada insulin. Meskipun demikian, banyak orang yang justru merasa gembira saat dirinya mengalami penurunan berat badan walaupun tidak disebabkan karena melakukan diet. Padahal kondisi ini harus kita waspadai sebagai tanda kita mengalami diabetes. Jika anda mengalami hal yang demikian, maka segera lakukan cek gula darah anda.

Baca Juga  Bolehkah Seorang Ibu Mencium Bibir Anak ?

Baca Juga : Khasiat Rambut Jagung Bisa Mencegah Diabetes

Secara normal, saat kita mengkonsumsi makanan, maka akan ada banyak glukosa yang masuk dalam tubuh kita. Normalnya memang gula darah kita akan mengalami peningkatan. Harusnya glukosa yang masuk ke dalam tubuh kita masuk pada sel yang bermanfaat untuk melakukan metabolisme energi. Namun pada pasien diabetes, glukosa yang masuk ke dalam tubuh akan tetap berada pada peredaran darah yang membuat banyak sel menjadi kelaparan.

Baca Juga  Bolehkah Menyusui Meskipun Sedang Sakit ?

Kondisi meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh kita seharusnya bisa dikendalikan oleh insulin. Namun jika tubuh kita mengalami masalah dalam produksi insulin, maka bisa dipastikan gula darah kita akan tetap tinggi dan sulit untuk turun. Untuk itu peranan insulin dalam tubuh kita sangat penting dalam proses penstabilan kadar gula darah.

Pada penderita diabetes, karena kalori atau glukosa yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa masuk ke dalam sel, maka membuat para penderita diabetes akan sulit untuk mengalami peningkatan berat badan. Jika hal ini yang terjadi, maka akan membuat masa otot akan semakin mengecil dan membuat seseorang menjadi kurus meskipun tidak melakukan diet.

Baca Juga  Jenis Tanaman Herbal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kondisi penurunan berat bedan pada pasien diabetes harus segera mendapatkan pengobatan oleh dokter. Selain itu penting juga menerapkan pola makan yang sehat. Biasanya dalam kondisi pasien mengalami penurunan berat badan secara drastis, maka memerlukan terapi injeksi insulin untuk menormalkan kadar gula darah.

Artikel Terkait : Orang Kurus Belum Tentu Terbebas Dari Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *