Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya

header niko 728 x 90

mulut kering

InspirasiBersama.com – Mengalami mulut yang kering memang membuat kita kurang nyaman. Bahkan yang lebih kita takutkan adalah mulut yang kering bisa jadi pertanda adanya penyakit dalam tubuh kita. Untuk itu penting kita ketahui apa penyebab mulut kering dan cara mengatasinya.

Secara alami air liur atau saliva pada mulut kita mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh kita. Dengan adanya air liur, maka bakteri tidak bisa berkembang dengan bagus dalam mulut kita. Sebaliknya mulut kita menjadi kering, maka akan memicu banyak pertumbuhan bakteri dalam mulut kita yang bisa merusak gigi dan gusi.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Sakit Radang Gusi

Semua itu disebabkan karena saliva kita mengandung alkalin sehingga membuat makanan yang masuk dalam mulut akan dicegah agar tidak merusak atau membuat korosi pada gigi kita.

Baca Juga  Dampak Buruk Jika Kita Malas Mandi Selama Dua Hari

Bukan hanya itu saja, mereka yang mengalami mulut kering juga biasanya mengalami nyeri pada tenggorokan, sulit untuk menelan, dan mulut terasa kering dan terbakar. Karena membuat kita tidak nyaman dan terganggu, maka kita perlu mengatasi kondisi mulut yang kering.

Inilah beberapa penyebab mulut kering dan cara mengatasinya :

– Obat-obatan resep
Penyebab pertama mulut kita menjadi kering adalah bisa disebabkan karena efek samping obat. Mungkin hal ini masih tidak banyak orang yang tahu. Jenis obat yang bisa membuat mulut kita menjadi kering adalah jenis obat pencernaan, penurun tekanan darah dan obat-obatan psikiatri. Bahkan menurut salah seorang ahli, ada sekitar 600 jenis obat yang bisa menyebabkan efek samping mulut menjadi kering.

Baca Juga  Benarkah Seorang ‘Single Parent’ Lebih Beresiko Mengalami Serangan Jantung ?

– Penuaan
Penyebab kedua mulut kita menjadi kering adalah diseabbkan karena faktor penuaan. Kalau kondisi ini kita tidak bisa menghindarinya. Saat seseorang sudah tua, maka saliva akan menurun fungsinya dan jumlahnya juga menurun. Hal inilah yang membuat mulut kita menjadi lebih kering.

– Dehidrasi
Tahukah kita bahwa saat terjadi dehidrasi, maka produksi saliva kita juga menurun. Hasilnya membuat kondisi mulut kita menjadi lebih kering.

– Gangguan pernapasan
Saat seseorang mengalami masalah pada pernapasan, maka biasanya mereka menggunakan mulut untuk bernapas. Kegiatan bernapas lewat mulut inilah yang bisa menyebabkan mulut kita menjadi kering.

– Terapi kanker
Penyebab terakhir seseorang mengalami mulut yang kering adalah karena paparan dari radiasi dan kemoterapi untuk kanker.

Untuk mengatasi mulut yang sering mengalami kering, maka solusinya bisa kita atasi dengan banyak minum air putih. Dengan banyak minum air, maka kita terhindar dari dehidrasi yang bisa meningkatkan produksi saliva dalam mulut kita.

Baca Juga  Mengapa Setiap Pagi Perut Terasa Kembung ?

Jika ternyata kondisi mulut kering disebabkan karena kita sering konsumsi jenis obat-obatan tertentu, maka anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter anda untuk bisa diganti dengan jenis obat lain yang tidak menyebabkan mulut kering.
Artikel Terkait : Mengapa Ada Orang Yang Selalu Merasa Haus ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *