Penyebab Mudah Ngantuk Namun Sulit Tidur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin kita juga sering merasakan mudah mengantuk namun sulit untuk tidur. Hal ini ditandai dengan seringnya kita menguap dan merasa mengantuk seharian.

 

Kondisi lain yang juga memicu rasa ngantuk adalah saat menonton televisi. Namun terkadang meskipun sudah mengantuk, tetapi saat kita coba untuk merebahkan di tempat tidur, malah terasa sulit sekali untuk tidur.

Jika anda sering mengalami hal ini, anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang juga mengalami hal yang sama. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh pengaruh lingkungan saat tidur yang berpengaruh pada otak sehingga memicu kita untuk bangun dan bukan melakukan tidur.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Kualitas Tidur

Orang yang semacam ini biasanya mereka yang mempunyai jam tidur yang tidak teratur. Mereka yang teratur jam tidur pada malam hari, biasanya akan lebih mudah tidur saat masuk kamar pada jam biasa ia tidur.

Baca Juga  Tips Agar Anak Cepat Mengantuk

 

Kondisi ini bisa terjadi karena tubuhnya sudah terbiasa ngantuk pada jam segitu yang direspon dengan melakukan tidur.Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa tidak bisa tidur meskipun sudah berada di tempat tidur bisa disebabkan karena banyak hal yang kita pikirkan. Bisa berupa pekerjaan yang tak kunjung selesai.

 

Banyak orang yang mengkonpensasi kondisi tersebut justru dengan membuka kembali laptop mereka karena merasa hilang rasa ngantuk. Dengan begitu akan muncul suatu kebiasaan bahwa tempat tidur juga menjadi tempat bekerja.

Ada beberapa gangguan emosi yang sangat mempengaruhi siklus tidur seseorang menjadi tidak teratur seperti terkena PHK atau kehilangan orang yang dicintai.

Jika anda sering mengalami hal yang demikian, maka akan menyebabkan masalah gangguan memulai tidur atau insomnia. Untuk bisa mengatasi masalah ini anda disarankan untuk mengikuti terapi kognitif untuk mengatasi insomnia (CBT-1).

Baca Juga  Ketahui 4 Kebiasaan Yang Menyebabkan Mengapa Kita Sering Kentut

 

Yang paling penting dalam terapi insomnia ini adalah bagaimana caranya agar pasien menganggap bahwa tempat tidur hanya tempat untuk tidur dan bukan melanjutkan suatu pekerjaan. Bukan berarti tidak boleh melakukan aktivitas seks di tempat tidur.

Contoh sederhana adalah jangan suka bermain gadget saat anda berada di tempat tidur dan hendak memulai tidur. Selain itu usahakan untuk tidak berbaring dulu sebelum anda benar-benar merasa ngantuk di tempat tidur. Bagi anda yang biasanya suka membaca sebelum tidur, sebaiknya kebiasaan ini anda kurangi.

Bagaimana dengan seseorang yang baru bisa tidur kalau sudah lewat tengah malam ?. Orang yang seperti ini kemungkinan besar mengalami gangguan pada irama sirkadian tubuh.

Baca Juga  Hati-Hati Lipstik Bisa Mengancam Nyawa Anda

Mereka yang mengalami gangguan ini, disarankan untuk tidur dalam kondisi lampu yang gelap. Selain itu disarankan untuk menghindari gadget atau televisi setidaknya satu jam sebelum tidur.

Paparan sinar biru yang berasal dari gadget dan televisi akan mempengaruhi hormon melatonin yang membuatnya tidak bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak. Akibatnya adalah kita sulit mengalami rasa ngantuk.

Artikel Terkait : Penyebab Sering Merasa Ngantuk Selain Kurang Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *