Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma

header niko 728 x 90

penyebab menurunnya kualitas sperma

InspirasiBersama.com – Bagi seorang pria kesuburan sperma menjadi hal yang sangat penting. Dengan sperma yang berkualitas maka akan bisa menurunkan keturunan yang sehat pula. Banyak indikator yang dipakai untuk menentukan sperma berkualitas atau tidak meliputi kecepatan sperma, morfologi sperma dan jumlah sperma setidaknya mencapai 15 juta per cc.

Untuk mendapatkan sperma yang berkualitas, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah gaya hidup, lingkungan, dan nutrisi. Mari kita bahas secara detail :

1. Gaya hidup
Seorang pria akan mengalami penurunan kualitas sperma jika mempunyai gaya hidup yang tidak sehat. Adapun gaya hidup yang tidak sehat meliputi kebiasaan merokok, minum alkohol dan minum obat-obatan terlarang. Kebisaan tersebut mengandung radikal bebas bagi tubuh kita sehingga dapat menurunkan kualitas sperma. Bahkan sebuah studi mengatakan DNA sperma bisa rusak oleh karena asap rokok. Bagi anda yang saat ini belum mempunyai anak dan memiliki kebiasaan pola hidup seperti tadi, maka cobalah untuk menghentikannya dan rasakan perbedaannya.

Baca Juga  Banyak Manfaat Yang didapat Dari Konsumsi Es Krim

2. Lingkungan
Sebuah studi mengatakan polusi udara bisa menurunkan kualitas sperma seorang pria. Hal ini disebabkan karena polusi udara banyak mengandung radikal bebas. Selain itu organ intim seorang pria yang sering terpapar suhu yang panas bisa mempengaruhi kualitas sperma.

Sperma seorang pria diproduksi oleh testis. Saat suhu pada testis seorang pria melebihi suhu badannya, maka bisa mengurangi kualitas sperma. Untuk itu untuk mendapatkan sperma yang berkualitas diperlukan suhu yang lebih rendah dari suhu badan seorang pria.

Baca Juga  Bagaimana Cara Membedakan Pusing dan Sakit Kepala ?

 

3. Nutrisi
Selain faktor gaya hidup dan lingkungan, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk pada tubuh kita. Sperma membutuhkan asupan makanan yang mengandung zinc, seng, vitamin C dan vitamin E.

Selain itu para ahli juga menyarankan untuk mengurangi makanan junk food dan banyak konsumsi buah dan sayur.

Banyak dokter yang menyatakan salah satu faktor penyebab pasangan suami istri tidak mempunyai anak adalah dikarenakan kualitas sperma yang kurang baik. Untuk itu bagi anda yang belum mempunyai anak, bisa melakukan konsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan solusi sekaligus anda memperhatikan pola hidup, lingkungan dan nutrisi.

Baca Juga  Pengen Tahu Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan ?

 

Artikel Terkait : Kebugaran Fisik Kunci Utama Keperkasaan Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *