Penyebab Mengunyah Permen Karet Bisa Membuat Perut Kembung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kalau kita ingat masa kecil dulu, maka sering kali kita menguyah permen karet. Bahkan kita merasa ketakutan kalau sampai permen karet tertelan. Selain itu banyak orang beranggapan bahwa dengan mengunyah permen karet bisa menyebabkan perut menjadi kembung.

Menurut para pakar kesehatan, apabila kita tak sengaja menelan permen karet tidak akan menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan karena permen karet akan masuk saluran pencernaan dan ujungnya akan dibuang melalui feses.

sumber gambar : http://segiempat.com/

Lantas mengapa sering mengunyah permen karet bisa menyebabkan perut menjadi kembung ?. Saat kita mengunyah permen karet, maka ada ada banyak air yang ikut tertelan. Hal inilah yang membuat perut menjadi kembung, terasa tidak nyaman dan terkesan lebih menggelembung.

Baca Juga  Cara Mencegah Orang Yang Obesitas Terhadap Resiko Penyakit Ginjal

hal lain yang bisa menyebabkan perut kembung saat mengunyah permen karet adalah disebabkan karena rasa manis atau rasa yang lain pada permen karet. Sering kali kita melihat permen karet dengan berbagai ragam rasa, mulai dari manis, sweet mint dan rasa yang lain. Ternyata rasa manis tersebut berasal dari gula yang kalau masuk dalam tubuh tidak akan langsung dicerna.

Baca Juga  Beberapa Gejala Migrain Yang Banyak Orang Tidak Tahu

Baca Juga : Manfaat Mengunyah Permen Karet Saat Bekerja

Saat gula masuk dalam saluran pencernaan, maka tidak lantas beres di usus kecil, namun harus berakhir di usus besar kita. Pada saat itu, gula tersebut akan dilakukan fermentasi oleh tubuh dengan bantuan bakteri sehingga memicu munculnya suatu gas yang membuat terasa kembung pada perut.

Selain bisa membuat perut menjadi kembung, sering mengunyah permen karet juga akan menyebabkan efek buruk pada mulut. Kita akan merasakan rahang yang capek mengunyah karena tegang atau bahkan membuat kepala menjadi sakit.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Disarankan Untuk Dikonsumsi Wanita Hamil Selama Puasa

Ternyata kegiatan mengunyah permen karet juga menyebabkan gigi kita menjadi lebih sensitif terhadap suhu dingin, panas dan sebuah tekanan. Hal ini tentu membuat kita kurang nyaman saat mengkonsumsi beraneka macam makanan.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Agar Perut Tidak Kembung ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *