Penyebab Lain Anak Yang Susah Makan

header niko 728 x 90

malas-makan

InspirasiBersama.com – Setiap orang tua tentunya akan merasa senang saat melihat anaknya suka makan. Namun bagaimana jika sebaliknya ? Anak kita ternyata susah makan. Mempunyai anak yang susah makan tentunya membuat para orang tua menjadi pusing. Anak yang susah makan akan rentan mengalami kurang nutrisi yang membuat berat badan dan perkembangan tidak bisa berjalan dengan baik.

Ternyata ada beberapa penyebab yang mungkin tidak terduga bagi kebanyakan orang tua yang bisa menyebabkan seorang anak menjadi susah makan. Berikut beberapa penyebab lain anak susah makan :
1.Tidak ada kesempatan makan camilan

Penyebab yang tak terduga yang membuat seorang anak menjadi susah makan adalah karena tidak mempunyai waktu untuk makan camilan. Hal ini terlihat sepele namun ternyata berdampak cukup besar terhadap pola makan anak. Sebagai orang tua harus mengatur pola makan anak, kapan waktunya makan dan kapan waktunya ngemil. Bagaimanapun juga anak memerlukan makanan camilan untuk menambah kalori yang menunjang perkembangannya.
2.Memberi makan terus menerus saat berada di perjalanan

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Sebenarnya Tidak Perlu disimpan Dalam Kulkas

Sering kali kita melihat orang tua yang selalu memberikan makanan kepada anaknya saat dalam perjalanan atau naek kereta api. Dengan memberikan makanan camilan yang terus-menerus, maka akan membuat anak menjadi tidak mengenali rasa lapar dan kenyang. Seoarang anak akan cenderung lupa jadwal makan karena asik dengan makanan camilan yang selalu tersedia.

Yang menjadi ironi adalah para orang tua suka melakukan hal ini dengan harapan agar anaknya tidak rewel selama perjalanan. Padahal apa yang dilakukan akan berdampak pada anak menjadi susah makan dan tidak bisa mengenali rasa lapar dan kenyang.
3.Makan camilan sebelum atau sesudah waktu makan

Baca Juga  Penyebab Seseorang Mengompol Pada Orang Dewasa

Sering kali orang tua membiarkan anaknya untuk makan camilan sebelum melakukan makan besar. Secara tidak sadar akan membuat anak kita menjadi malas makan atau makan dalam jumlah yang amat sedikit. Hal ini tentu dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan sebelum jadwal makan besar.

Untuk itu tidak disarankan memberikan camilan kepada anak sebelum waktu makan besar. Jika terpaksa anak kita menangis ingin mengkonsumsi camilan, maka berikan jenis camilan yang tidak memberikan efek kenyang yang berlebihan sehingga membuat anak kita tetap mau makan.
4. Hanya makan makanan ringan

Tanpa kita sadari bahwa anak kita sering membelikan anak camilan yang mengandung rasa manis dan asin. Ternyata jenis camilan yang seperti ini akan memicu seorang anak menjadi malas makan.

Baca Juga  Dampak Buruk Diabetes Bisa Memperpendek Usia Hingga 10 Tahun

Baca Juga : Dampak Buruk Camilan Manis Meningkatkan Resiko Obesitas Anak

Untuk memberikan camilan yang sehat bagi anak, maka sangat disarankan memilih jenis buah atau sayuran yang kaya akan serat yang bermanfaat bagi kesehatan anak. Selain itu anak juga menjadi suka dengan buah dan sayur.

Artikel Terkait : Pola Makan Anak Akan Meniru Orang Tuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *