Penyebab Keringat Berbau Lebih Tajam Saat Sedang Stres

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Secara alamiah keringat manusia memang mempunyai bau yang khas dan tidak enak. Namun pernahkah anda merasakan bau keringat yang lebih tajam saat sedang stres ? Mengapa hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : http://sebamedindonesia.com

 

Ini jawaban seoarang pakar kesehatan yang bernama George Preti, Ph.D yang merupakan salah seorang ahli kimia organik yang berasal dari Monell Chemical Senses Center yang menyebutkan bahwa ada dua jenis kelenjar yang terdapat pada manusia.

Baca Juga  Ternyata Morning Sickness Mampu Menurunkan Resiko Keguguran Pada Wanita Hamil

 

Kelenjar tersebut adalah kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin adalah kelenjar keringat yang berfungsi mengeluarkan keringat saat suhu tubuh kita meningkat, contohnya pasca olahraga dan berada dalam ruangan yang panas.

 

Sedangkan untuk kelenjar apokrin, fungsinya adalah memproduksi keringat yang baru dikeluarkan tubuh saat kita sedang stres secara psikologis. Letak kelenjar ini berada di daerah ketiak. Ternyata bau dari keringat inilah yang lebih menyengat dengan aroma belerang.

Baca Juga  Jangan Suka Menahan Bersin ! Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

 

Kondisi ini diperparah lagi jika kita sedang stres, maka sistem saraf simpatik akan aktif sehingga bisa memicu detak jantung yang lebih cepat, muncul keringat pada telapak tangan, serta mulut menjadi kering.

 

Keringat yang dihasilkan karena aktivitas fisik yang berat komposisinya sebagian besar adalah air. Namun jenis keringat yang muncul di ketiak saat kita sedang stres, komposisinya lebih banyak kandungan lemak, protein dan lipid. Hal ini yang membuatnya lebih berbau tajam.

Baca Juga  Apakah Boleh Penderita Maag Minum Kopi ?

 

Sumber : tribunnews.com

Artikel Terkait : Alasan Bayi Baru Lahir Mempunyai Bua Yang Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *