Penyebab Kentut Berbau Tak Sedap

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Pernahkah anda berpikir mengapa kentut mempunyai bau yang tidak sedap ? Kentut merupakan hal yang normal terjadi pada setiap orang. Bahkan secara normal dalam sehari kentut bisa dilakukan sebanyak 10 – 20 kali. Meskipun sudah banyak melakukan kentut, namun mempunyai bau yang berbeda-beda.

 

Biasanya kita menganggap kalau kentut yang tidak bersuara mempunyai bau yang tidak sedap dibandingkan dengan kentut yang bersuara keras. Saat kita kentut dengan suara yang lebih keras, memang cenderung tidak menimbulkan bau yang berlebihan.

bau-kentut-tak-sedap

sumber gambar : MagWuzz.com

Menurut para pakar kesehatan yang bernama Dr. Myron Brand mengatakan bahwa penyebab kentut mempunyai bau yang tidak sedap adalah disebabkan karena faktor sistem pencernaan.

Baca Juga  Minuman Yang Bisa Membuat Wanita Tampak 10 Tahun Lebih Tua

Baca Juga : Tips Mudah Mencegah Perut Kembung Dengan Mengatur Pola Makan

 

Ternyata faktor pemicunya adalah karena karbohidrat yang kita konsumsi tidak bisa diproses dengan baik oleh tubuh. Hal ini erat kaitannya dengan proses penyerapan pada usus. Proses penyerapan terjadi lebih lambat yang membuat proses fermentasi yang disebabkan karena bakteri.

 

Seseorang yang mengalami perut kembung biasanya akan mengeluarkan kentut dengan aroma yang lebih menusuk. Hal ini disebabkan adanya kandungan gas metana dan hidrogen sulfida (H2S) yang membuat aroma kentut seperti telur busuk.

Baca Juga  Waspada Terhadap Anak Yang Mempunyai Sifat Terlalu Pemalu

 

Ternyata bau kentut yang tidak sedap juga bisa disebabkan karena faktor mengkonsumsi jenis makanan yang terbilang sehat. Namun anda tidak perlu khawatir karena menurut para pakar kesehatan mengatakan kalau kentut yang berbau tak sedap bukan indikator masalah kesehatan yang serius.

 

Sengaja menunda kentut atau tidak mengeluarkan kentut bukan pilihan yang sehat. Sebab saat kita menahan kentut justru akan menyebabkan perut kita terasa tidak nyaman dan  kembung. Berbeda saat kita bisa kentut berkali-kali yang memberikan rasa lebih nyaman bagi perut.

Baca Juga  Cara Mengenali Gejala Autisme Pada Anak Usia 1-3 Tahun

Artikel Terkait : Penyebab Seseorang Sering Buang Gas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *