Penyebab Ibu Rumah Tangga Banyak Yang Terinfeksi HIV

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa ternyata penderita HIV lebih banyak diderita oleh ibu rumah tangga. Berdasarkan sebuah data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan ada sekitar 10.626 kasus. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Setelah kalangan ibu rumah tangga yang menduduki posisi terbanyak, golongan kedua adalah karyawan sebanyak 9.603 kasus, selanjutnya ada kalangan wiraswasta sebanyak 9.439, urutan ke empat ada petani/nelayan/pertenak dengan jumlah kasus sebanyak 3.674. Urutan terakhir adalah anak sekolah atau mahasiswa sebanyak 1.764 kasus.

Baca Juga : Penyebab Remaja Beresiko Besar Tertular HIV 

hiv-dikalangan-ibu-rumah-tangga

sumber gambar : detik.com

Mungkin selama ini kita berpikiran kalau ibu rumah tangga memiliki resiko yang kecil terhadap HIV karena lebih banyak dirumah dibandingkan dengan mereka penjaja seks. Namun ternyata faktanya berbeda, ibu rumah tangga justru paling banyak terinfeksi HIV.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Trauma ?

Yang membuat prihatin kita semua adalah kebanyakan penderita HIV yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga tidak menyadari kalau mengidap HIV. Hal ini diungkapkan oleh seorang Ketua Komite Program Yayasan AIDS Indonesia.

Ternyata yang menjadi penyebab banyak ibu rumah tangga yang mengalami HIV adalah disebabkan karena tertular oleh suami mereka. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Hal ini disebabkan karena para bapak sering melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan. Biasanya hubungan seks dilakukan dengan mereka para penjaja seks. Resiko lain juga bisa disebabkan karena penggunaan obat terlarang yang memakai jarum suntik yang tidak steril.

Baca Juga  Ternyata Setelah Makan Pedas, Hormon Testosteron Pria Akan Naik

Ketika sang suami sering berhubungan seks dengan para penjaja seks, maka kemungkinan besar suami membawa virus HIV. Akhirnya sang suami juga melakukan hubungan seks dengan istri tanpa menggunakan kondom.

Dari hasil data menyebutkan kalau angka kasus HIV bagi para penjaja seks justru terbilang rendah. Ini sangat ironi sekali dengan pekerjaan yang selalu menjajakan seks. Hal ini disebabkan para penjaja seks tahu kalau pekerjaannya beresiko besar terhadap penularan HIV, oleh karena itu mereka selalu menyuruh pelanggannya untuk menggunakan kondom.

Oleh karena itu, untuk mencegah banyaknya kasus HIV pada kalangan ibu rumah tangga, maka sangat menghimbau kepada para suami untuk tidak melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan. Selain itu disarankan pula untuk tidak terjerumus mengkonsumsi obat terlarang.

Baca Juga  Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan

Untuk memutus rantai penularan HIV oleh suami ke istri, maka sebaiknya melakukan tes HIV. Apabila ternyata salah satu pasangan positif terinfeksi HIV, maka sangat disarankan untuk menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Artikel Terkait : Beberapa Kelompok Yang Sangat Rentan Terinfeksi HIV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *