Penyebab Badan Mudah Terasa Lelah

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Setiap orang pastinya pernah mengalami kelelahan. Kondisi ini lebih disebabkan karena tingginya aktivitas yang dilakukan. Kondisi ini terjadi secara normal. Lantas bagaimana jika ternyata badan kita sering kali merasakan kelelahan tanpa sebab yang tak jelas ?.

Apabila ternyata tubuh kita sering kali merasakan kelelahan tanpa sebab yang jelas, maka bisa jadi menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Berikut beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan tubuh sering merasakan kelelahan :

sumber gambar : detik.com

1. Anemia
Kondisi pertama yang menyebabkan tubuh sering kali merasa kelelahan adalah disebabkan karena kekurangan darah atau anemia. Hal ini disebabkan karena tubuh kita mengalami kekurangan asupan zat besi.

Pada saat tubuh kekurangan asupan zat besi, maka distribusi oksigen yang lewat bersama darah juga menurun. Kondisi ini membuat otak kita juga mengalami penurunan jumlah suplai oksigen yang membuat tubuh merasa kelelahan dan menurunkan konsentrasi.

Baca Juga  Solusi Unik Bagi Orang Yang Susah Tidur Dengan Melakukan Kemah di Akhir Pekan

Baca Juga : 7 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah

2. Masalah tiroid
Jika anda mengalami kelelahan yang berlangsung sepanjang hari, maka bisa jadi disebabkan karena adanya masalah di kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Akibat masalah kelenjar tiroid, maka seseorang bisa mengalami kelelahan, kulit menjadi kering, suara menjadi serak, kuku mudah rapuh, terdapat pembengkakan pada bawah mata, serta perubahan suasana hati. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan hal ini.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Yang Kram ?

3. diabetes
Orang yang sering kali merasakan kelelahan bisa jadi menjadi tanda adanya penyakit diabetes. Secara normal saat ada banyak gula atau makanan yang masuk ke tubuh, maka akan memberikan banyak energi.

Namun pada penderita diabetes kondisi ini tidak berlaku. Glukosa yang masuk bersama makanan sulit terserap ke dalam sel-sel tubuh. Kondisi ini justru menyebabkan tubuh menjadi lemas karena tidak mampu dirubah menjadi sebuah energi.

4. Depresi
Tahukah kita bahwa kondisi mental yang sedang stres atau depresi bisa menyebabkan tubuh terasa kelelahan. Hal ini disebabkan karena mereka yang depresi akan sulit untuk tidur dengan nyenyak, sulit mengawali tidur, sulit berkonsentrasi, mudah putus asa, dan sering menyendiri. Kondisi ini menyebabkan tubuh terasa kelelahan.
5. Kurang vitamin B12
Kondisi kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan kelelahan tubuh. Hal ini disebabkan karena vitamin B12 bisa memberikan asupan energi bagi tubuh. Untuk mencegah hal ini, maka kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin B12 seperti ayam, telur dan ikan.

Baca Juga  Makanan Yang Efektif Mengatasi Sembelit

Artikel Terkait : Mengapa Saya Sering Merasa Kedinginan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *