Penyebab Anak Menjadi Sulit Fokus

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin kita sering mengalami anak yang sulit fokus atau berkonsentrasi saat melakukan sebuah kegiatan. Jika anda mengalami hal yang demikian, maka bisa jadi anak tersebut mengalami sebuah gangguan hiperaktif dan gangguan perhatian yang disebut dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

 
Anak yang mengalami ADHD, akan mengalami sulit fokus. Mereka akan cenderung kurang perhatian dan sulit duduk tenang saat di sekolah. Hal ini akan terlihat saat seorang guru memaparkan sebuah pelajaran saat di kelas.

anak-sulit-fokus

penyebab anak sulit fokus

Tanda lain seorang anak yang mengalami ADHD adalah mereka berusaha menghindari kegiatan yang menuntut untuk konsentrasi seperti saat pelajaran berlangsung. Mereka akan cenderung untuk menjadi hiperaktif dengan cara sulit duduk diam, jalan-jalan atau bahkan berlarian.

Baca Juga  Cara Mudah Mencegah Agar Rambut Tidak Terkena Kutu

 
ADHD pada anak juga bisa menyebabkan seorang anak menjadi impulsif, tidak bisa sabar, saat kondisi antri maka dia sulit melakukannya dan suka melakukan interupsi kepada orang lain.

Baca Juga : Kenali 5 Tanda Balita Yang Tergolong Hiperaktif

 
Sulit fokus yang terjadi pada anak dengan gangguan ADHD disebabkan karena adanya gangguan pada area otak yang berfungsi untuk mengendalikan perhatian. Kondisi menyebabkan terjadinya gangguan di neurotransmiter pada otak.

 
Sampai saat ini para pakar kesehatan belum mengetahui secara pasti penyebab seorang anak mengalami ADHD. Namun pada kenyataannya banyaknya kasus ADHD yang terjadi lebih disebabkan karena adanya faktor keluarga yang juga mengalami hal yang sama atau disebabkan karena faktor genetik.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Dengkuran Saat Tidur

 
Untuk menegakkan sebuah diagnosa ADHD pada anak, maka seorang dokter akan melakukan sebuah wawancara kepada anak. Pemeriksaan tes laboratorium tidak bisa mendeteksi adanya gangguan ADHD pada seorang anak.
Bagi anda yang mempunyai seorang anak dengan beberapa tanda ADHD seperti sulit fokus, cenderung hiperaktif dan muncul perilaku impulsif. Gangguan ADHD pada anak lebih sering muncul pada usia kurang dari 12 tahun.

 
Secara umum ADHD dibagi menjadi beberapa tipe, ada yang tergolong sulit berkonsentrasi atau fokus, ada yang hiperaktif dan ada pula yang impulsif. Sebagai orang tua harus bisa mengenali jika anak mengalami gangguan ini.

Baca Juga  Penyebab Gigi Tidak Bisa Berwarna Putih

 
Jika ternyata anak anda mengalami hal yang demikian, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. ADHD pada anak akan bisa disembuhkan dengan terapi tumbuh kembang dan kombinasi dengan pemberian obat.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Autisme Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *