Penyebab Anak Gemuk Memiliki Sedikit Teman

bisnis online

InspirasiBersama.com – Penyebab anak gemuk memiliki sedikit teman. Saat kita memperhatikan sekelompok anak bermain, maka sering kali kita melihat anak yang obesitas tidak disukai dalam permainan tersebut. Mereka cenderung bermain sendiri dengan segelintir anak yang lain yang jumlahnya sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa anak obesitas lebih tidak disukai oleh teman-temannya.

Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah hasil studi. Anak yang obesitas cenderung mempunyai masa sekolah yang kurang menyenangkan karena hanya memiliki sedikit teman.

sumber gambar : http://obesitaspadaanak.com

Dalam hasil studi tersebut menyebutkan bahwa anak yang tergolong obesitas cenderung akan ditolak saat bermain dengan teman-teman sekolahnya. Menurut para peneliti penyebab dari masalah ini belum jelas.

Baca Juga  3 Tips Untuk Si Kecil Agar Dapat Tidur Cepat

Namun para peneliti menyebutkan bahwa kemungkinan ini terjadi akibat stigma negatif terhadapn anak yang gemuk. Teman akan beranggapan bahwa anak yang gemuk pastinya suka makan, malas, dan sering kali berlaku kasar dengan teman yang lain.

Studi tentang anak gemuk terhadap pertemanan ini bukanlah yang pertama kali dilakukan. Pada studi sebelumnya juga menyebutkan bahwa anak gemuk kerap menjadi korban bullying oleh teman-temannya. Hal ini erat kaitannya dengan berat badan yang berlebih.

Baca Juga  Ada Tes Kesehatan Yang Harus Dilakukan Pria Agar Selalu Bugar

Pada kondisi ini peran orang tua sangatlah penting untuk mendidik anak obesitas agar mempunyai perilaku yang lebih baik. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan adalah senantiasa mengajarkan anak untuk mempunyai sifat empati terhadap orang lain terutama teman sebaya, berikan contoh yang baik tentang rasa empati dan berbuat baik pada orang lain, dan berikan pengetahuan betapa pentingnya saling membantu dan perhatian kepada orang lain terutama pada teman.

Baca Juga  Tips Agar Payudara Tidak Mudah Kendur

Artikel Terkait : Cara Menyikapi Anak Yang Menjadi Korban Bullying Akibat Obesitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *