Penularan Virus Zika di Singapura

header niko 728 x 90

kasus zika

InspirasiBersama.com – Maraknya kasus zika sekarang ini membuat masyarakat Indonesia menjadi was-was. Apalagi sekarang ini zika sudah masuk ke negara Asia Tenggara yaitu Singapura yang merupakan negara tetangga Indonesia. Ini menjadi hal yang mungkin jika virus zika sampai ke Indonesia.

Yang menjadi informasi terbaru tentang kasus zika di Singapura adalah diketahui bahwa asa sekitar 41 orang yang positif terkena zika di Singapura bukan disebabkan karena tertular saat bepergian ke negara lain. Namun angka tersebut diketahui disebabkan karena penularan secara lokal yang artinya tertular di negara mereka sendiri yaitu Singapura.

Sebagian besar warga Singapura yang terindikasi virus zika merupakan para pekerja yang berada di Aljunied Crescent dan Sims Drie. Kebanyakan dari mereka adalah para pekerja yang berasal dari negara lain.

Baca Juga  Kenali Tanda Penuaan Yang Terjadi Pada Penis

Dengan cukup banyaknya kasus virus zika yang melanda warga Singapura, maka pemerintah Singapura dengan cepat melakukan tes terhadap para pekerja yang ternyata ditemukan 124 orang positif zika. Dari total tersebut diketahui kalau 41 kasus disebabkan karena penularan secara lokal. Namun sudah ada 34 orang yang sudah dinyatakan sembuh dan sisanya sebanyak 7 masih dalam perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

Pada awalnya kasus pertama zika di Singapura diketahui setelah ada seseorang yang berusia 48 tahun yang positif zika setelah melakukan perjalanan dari Brasil. Kejadian tersebut terjadi pada bulan Mei lalu.

Baca Juga  Bahaya Sering Makan Mie Instan, Anda Harus Jeli Sebelum Membeli

Tingginya kasus zika di Singapura disebabkan karena kita tahu bahwa Singapura menjadi negara tujuan para wisatawan luar negeri termasuk Brasil. Belum lagi dengan penularan zika yang ternyata bisa terjadi secara lokal atau bukan karena tertular dari orang luar.

Dengan munculnya banyak kasus zika ini, maka membuat Kementerian Kesehatan Singapura menghimbau kepada para petugas kesehatan untuk selalu waspada dengan pasien yang mengalami demam dan ruam. Hal ini untuk mengidentiifikasi kasus zika secara dini.

Virus zika merupakan jenis virus yang sangat berbahaya bagi orang dewasa terutama bagi wanita hamil. Mengapa demikian ? hal ini disebabkan karena virus zika yang menyerang ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir dengan kondisi mikrosefali atau ukuran kepala yang lebih kecil atau gangguan pertumbuhan otak.

Baca Juga  Lakukan Rutin Olahraga Untuk Memperkuat Memori Otak

Artikel Terkait : Imunitas Tubuh Sangat Penting Untuk Menangkal Virus Zika

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *