Pentingya Mengganti Kacamata Hitam Dua Tahun Sekali

header niko 728 x 90

memakai kacamata hitam

InspirasiBersama.com – Hidup di negara Indonesia yang mempunyai iklim tropis membuat kacamata hitam sangat penting keberadaannya. Apalagi saat musim panas tiba. Dengan memakai kacamata hitam pada siang hari bisa membantu melindungi mata kita dari sinar matahari. Namun tahukah kita bahwa sangat penting pula untuk mengganti kacamata hitam anda setidaknya dua tahun sekali.

Banyak orang yang merasa enggan mengganti kacamata hitam karena merasa sudah pas dengan model dan dirasa masih bagus. Namun ternyata menyimpan kacamata hitam bertahun-tahun membuat kemampuan kacamata menjadi menurun.

Baca Juga  Apa Sich Rahasia Kecantikan Seorang Khloe Kardashian ?

Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan di Brasil yang menyebutkan bahwa menggunakan kacamata hitam lebih dari dua tahun akan mengurangi kemampuan kacamata itu sendiri dalam menangkal paparan sinar matahari. Dengan begitu pada mata kita akan terpapar sinar UV akibat kacamata yang sudah luntur kemampuannya.

Jika anda tetap bersikukuh menggunakan kacamata hitam yang kemampuannya sudah berkurang, maka akan menyebabkan mata kita terpapar sinar UV lebih berat sehingga bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan. Untuk mengantisipasi hal ini anda bisa memiliki kacamata hitam lebih dari satu untuk gantian digunakan.

Baca Juga  Manfaat Konsumsi Toge Bagi Kesehatan Sperma

Ada beberapa resiko jika kita memaksakan sering menggunakan kacamata hitam yang sudah tua diantaranya adalah jika sering dilakukan maka akan menyebabkan gangguan yang bersifat permanen pada mata. Beberapa gangguan yang lain adalah menyebabkan mata kita menjadi odema atau bengkak.

Bahkan menurut para ahli mengatakan bahwa paparan sinar UV yang berlangsung terus-menerus pada mata bisa menyebabkan kerugian bagian mata terutama pada makula yang merupakan bagian penting bagi retina.

Tidak berhenti sampai disitu saja, jika kita membiarkan kacamata hitam dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari dua tahun, maka akan membuat pemakainya rentan mengalami katarak atau membuat lensa mata kita menjadi keruh. Jika hal ini kita biarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kebutaan.

Baca Juga  Kesehatan Mulut Juga Bisa dipengaruhi Oleh Pola Olahraga Yang Kita Lakukan

Artikel Terkait : Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *