Pentingnya Membersihkan Lensa Kontak Mata

header niko 728 x 90

merawat kontak lensa

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang sering menggunakan kontak lensa, maka anda harus membersihkannya secara rutin. Hal ini sangat penting untuk menghindari infeksi pada mata. Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan bahwa dalam satu tahun terdapat 1 juta orang yang mengalami infeksi pada kornea mata yang disebabkan karena penggunaan lensa kontak.

 

Menurut Jennifer Cope, MD mengatakan jumlah yang dikeluarkan oleh CDC bisa jadi lebih banyak lagi jumlahnya. Hal ini dikarenakan masih banyak pasien dengan gangguan mata yang datang ke dokter umum bukan ke dokter mata.

 

Ini menunjukkan banyaknya kasus infeksi mata yang disebabkan oleh penggunaan lensa kontak. Banyaknya kasus infeksi yang terjadi pada mata, maka para ahli sangat menyarankan kepada mereka yang menggunakan kontak lensa untuk selalu menjaga kebersihan lensa kontaknya dengan membersihkannya secara rutin.

Baca Juga  Manfaat Asam Folat Bisa Menghindarkan Janin Dari Cacat

 

Kontak lensa yang jarang dibersihkan oleh pemiliknya akan sangat rentan menjadi sarang banyak bakteri dan jamur. Contohnya adalah fusarium, amebae, dan beberapa jenis virus lainnya yang bisa menempel pada lensa kontak. Apabila ini dibiarkan atau terkontaminasi dengan air maka bisa membentuk biofilm yang meningkatkan resiko infeksi pada mata kita.

 

Banyak orang yang kurang paham tentang pentingnya menjaga kebersihan kontak lensa. Bagaimanapun juga kontak lensa merupakan benda asing yang dimasukkan  ke dalam tubuh kita yang harus kita jaga kebersihannya jika tidak ingin menimbulkan infeksi. Untuk sangat penting sekali menjaga kebersihan lensa kontak anda.

 

Berikut beberapa tips membersihkan lensa kontak agar terhindar dari infeksi :

1. Ganti lensa Anda seperti yang disarankan.
Tidak kita pungkiri bahwa banyak sekali para pengguna lensa yang malas membersihkan kontak lensanya. Mereka cenderung menunda-nunda untuk membersihkan kontak lensa. Pada akhirnya tidak bisa membersihkannya. Kalau sudah begini maka kontak lensa anda akan menjadi sarang bakteri dan jamur yang bisa berbahaya bagi kesehatan mata.

Baca Juga  Beberapa Gejala Anak Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

 

2. Cuci lensa kontak Anda setiap hari dan ganti setiap tiga bulan.
Menurut seorang ahli, sangat disarankan untuk mengganti kontak lensa setiap tiga bulan sekali. Banyak para pengguna kontak lensa yang beranggapan bahwa selagi masih bisa digunakan berarti tidak ada masalah pada kontak lensa. Ini merupakan anggapan yang salah yang sering menimbulkan resiko infeksi mata. Selain itu sangat penting juga untuk membersihkan kontak lensa setiap harinya.

 

3. Bawa kacamata cadangan di tas olahraga, meja atau laci Anda.
Tips ketiga adalah sangat penting juga mempunyai kaca mata cadangan untuk menggantikan kontak lensa sementara. Dengan memakai kaca mata pada saat tertentu memberikan kesempatan kepada anda untuk membersihkan kontak lensa dengan cara melarutkan dengan disinfektan atau cairan yang direkomendasikan untuk membersihkan kontak lensa.

Baca Juga  Jika Keracunan Makanan Lakukan Hal Ini

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, diharapkan resiko infeksi yang disebabkan karena kontak lensa bisa ditekan. Apabila terlanjur mata anda mengalami infeksi pada bagian kornea, atau adanya iritasi maka sangat disarankan untuk memeriksakannya ke dokter mata anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak terjadi hal yang lebih buruk.

Artikel Terkait : Cara Memakai Lensa Kontak Berwarna Dengan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *