Pentingnya Memakai Alas Kaki Bagi Penderita Diabetes

header niko 728 x 90

memakai alas kaki

InspirasiBersama.com – Sering kita melihat orang yang menderita penyakit diabetes disertai dengan luka pada bagian kaki yang sulit untuk disembuhkan. Hal ini dikarenakan faktor gula darah yang tak terkontrol serta adanya infeksi pada luka. Mengantisipasi hal ini, maka penderita diabetes sangat penting untuk selalu memakai alas kaki.

Seorang yang mempunyai penyakit diabetes, apabila terjadi luka walaupun sedikit sekali pada bagian kaki atau bagian tubuh yang lain akan susah untuk disembuhkan. Bahkan tak jarang luka tersebut malah lebih besar dan menimbulkan bau yang tidak sedap bahkan khas. Oleh karena itu para ahli diabetes menyarankan untuk selalu memakai alas kaki kemanapun mereka pergi untuk menghindari luka pada kaki.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Sepele Yang Bisa Menguras Energi

Salah satu komplikasi pada pasien penderita diabetes adalah adanya gangguan pada persyarafan pada bagian anggota gerak seperti kaki. Oleh karena itu penderita diabetes sering tidak merasakan adanya luka yang terjadi pada bagian kaki. Hal ini akan sangat berbahaya karena luka akan potensial untuk menjadi infeksi.

Apabila terpaksa penderita diabetes mengalami luka pada bagian kaki, maka pertolongan pertama adalah bersihkan luka dengan air bersih yang mengalir, hentikan perdarahan dengan menggunakan kassa (usahakan steril), kemudian tutup luka dengan menggunakan verban. Kalau dalam waktu dua hari luka tidak mengalami tanda-tanda penyembuhan, maka sangat disarankan untuk memeriksakannya  ke dokter.

Baca Juga  Ketahui Apa Yang Menyebabkan Pigmentasi Pada Kulit

Memang berjalan atau beraktivitas fisik tanpa menggunakan alas kaki bagi orang normal akan lebih menyehatkan karena bisa memperlancar peredaran darah. Apalagi kalau kita berjalan diatas kerikil kecil-kecil, maka akan terasa nyaman bagi tubuh kita. Namun bagi penderita diabetes harus lebih berhati-hati. Luka pada kaki lebih dijaga dari pada sekedar melakukan terapi jalan tanpa alas kaki. Hal ini dikarenakan apabila sampai terjadi luka, maka proses penyembuhannya akan sangat lama bahkan banyak yang sampai infeksi. Itulah pentingnya memakai alas kaki bagi penderita diabetes.

Baca Juga  Efek Samping Pemberian Antibiotik Ternyata Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes Tipe 2

Artikel Terkait : Cara Mencegah Agar Kaki Tidak Mudah Lecet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *