Pentingnya Kekebalan Tubuh Dalam Menangkal Kanker

header niko 728 x 90

sistem kekebalan tubuh

InspirasiBersama.com – Kanker menjadi penyakit yang mematikan selain jantung. Sampai saat ini para ahli belum bisa memastikan apa yang menyebabkan timbulnya kanker. Parahnya lagi banyak orang yang tidak sadar kalau dirinya mengidap kanker. Untuk mengantisipasi hal ini, maka menjaga sistem kekebalan tubuh sangatlah penting dalam menangkal kanker.

Secara ilmu medis, sifat dari kanker adalah tidak menyerang seseorang secara tiba-tiba. Namun ada tahap-tahap sebelum pada akhirnya penderita jatuh sakit dan terdiagnosa kanker. Kebanyakan dari penderita kanker tidak menyadari kehadiran kanker pada stadium awal. Sebenarnya ada tanda dan gejala meskipun pada tahap awal. Misalnya banyak orang menganggap saat badannya tidak fit, merasa lemah, mereka menganggap ini sebagai hal biasa saat pergantian musim. Padahal itu bisa menjadi tanda dan gejala kanker pada stadium awal.

Baca Juga  Benarkah Gula Batu Bisa Bermanfaat Meredakan Flu dan Batuk ?

Dalam proses penyembuhan kanker, tidak cukup hanya mengandalkan pengobatan yang kuratif saja. Yang terpenting adalah preventif terhadap kanker. Selain membutuhkan biaya yang besar, pengobatan kuratif juga memiliki tingkat kesembuhan yang lebih kecil.

Menurut para ahli, setiap orang memiliki sel kanker pada tubuhnya. Yang membedakan adalah sistem kekebalan tubuh masing-masing. Saat kekebalan tubuh kita bagus maka sel kanker tidak dapat bermutasi dengan baik. Sebaliknya saat imunitas tubuh kita buruk, maka sel kanker akan mudah melakukan mutasi gen sehingga berkembang dengan baik.

Baca Juga  Makanan Berlamak Yang Tidak Membuat Gemuk

Dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Mulai dari menerapkan pola makan yang sehat, tidak mudah emosi dan stres, pola hidup yang sehat serta rajin berolahraga. Dengan melakukan beberapa tips tadi maka kita akan memiliki imunitas yang baik.

Menurut salah seorang dokter yang menangani kanker mengatakan kebanyakan dari para penderita kanker mengalami masalah emosi. Bagi kebanyakan orang menganggap emosi tidak terlalu berpengaruh pada kesehatan, namun berdasarkan kenyataan angka penderita kanker kebanyakan memiliki masalah pada emosi. Untuk itu sangat disarankan untuk mampu mengendalikan emosi sehingga anda tidak mudah marah.

Baca Juga  Wanita Yang Beresiko Besar Terkena Kanker Payudara

Artikel Terkait : Manfaat Brokoli Bagi Penderita Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *