Pentingnya Cek Kadar Gula Bagi Penderita Diabetes

header niko 728 x 90

cek-kadar-gula

InspirasiBersama.com – Orang yang menderita diabetes sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan kadar gula secara berkala. Hal ini dinilai sangat penting karena penderita diabetes sangat rentan untuk mengalami kenaikan maupun penurunan kadar gula darah. Dengan melakukan cek kadar gula secara rutin, maka akan bisa memantau dan mengendalikan kadar gula darah.

Menurut para ahli, orang yang terkena diabetes akan sangat rentan untuk mengalami berbagai macam komplikasi penyakit yang berbahaya. Hal ini lebih disebabkan karena kadar gula darah yang tak terkendali. Dengan melakukan cek rutin kadar gula, maka bisa mencegah komplikasi penyakit yang berbahaya.

Baca Juga : Tanda Kalau Gula Darah Kita Tinggi

Beberapa pemeriksaan darah yang penting untuk dilakukan secara berkala bagi penderita diabetes adalah kadar gula darah acak, kadar gula darah puasa dan kadar gula dua jam setelah makan. Yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan pemeriksaan HbA1C untuk mengetahui rata-rata kadar gula selama tiga bulan terakhir.

Baca Juga  Beberapa Fakta Tentang Minyak Zaitun Yang Perlu diketahui

Untuk beberapa jenis pemeriksaan kadar gula yang telah disebutkan tadi, kita perlu mendatangi sebuah laboratorium. Dengan alasan itulah banyak orang yang merasa malas untuk memeriksakan kadar gula secara berkala. Untuk mengantisipasi hal yang ini, maka sangat disarankan untuk mempunyai alat cek kadar gula sendiri dirumah dan bisa sewaktu-waktu memantau kadar gula anda.

Baca Juga  Memiliki Tubuh Kurus Bukan Berarti Aman dari Diabetes

Apabila anda tergolong penderita diabetes yang sering kali mengalami penurunan kadar gula, maka sangat disarankan untuk bisa melakukan cek mandiri kadar gula. Hal ini dinilai sangat penting karena kondisi hipoglikemi atau penurunan kadar gula darah sangat berbahaya jika tidak diketahui dan mendapatkan pertolongan segera.

Banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang menderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi gula. Padahal hal ini belum tentu, pada kondisi orang yang mengalami kondisi hipoglikemi atau kadar gula yang turun justru membutuhkan asupan gula dalam jumlah yang banyak. Bahkan jika kondisi ini tidak diketahui, maka bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kematian secara mendadak.

Baca Juga  Kenali Ciri Nyeri Pinggang Yang disebabkan Karena Saraf Kejepit

Oleh karena itu bagi penderita diabetes sangat penting untuk memiliki alat cek kadar gula secara mandiri yang bisa dilakukan dirumah. Dengan demikian mereka bisa setiap hari memantau kadar gula darahnya agar tidak sampai tinggi maupun rendah.
Artikel Terkait : Tips Mengenali Kadar Gula Darah Yang Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *