Pentingnya Cek HbA1c Bagi Penderita Diabetes Selain Cek Gula Darah

header niko 728 x 90

cek hba1c

InspirasiBersama.com – Bagi penderita diabetes memang disarankan untuk rutin melakukan cek kadar gula darah. Hal ini sangat penting untuk memantau kadar gula darah selalu dalam kondisi normal. Namun menurut para ahli, bukan hanya rutin cek gula darah saja, penderita diabetes juga disarankan untuk rutin cek HbA1c.

Apa manfaat dilakukan pemeriksaan HbA1c ? Dengan dilakukan pemeriksaan kadar HbA1c, maka akan terlihat berapa rata-rata kadar gula darah selama tiga bulan terakhir. Untuk memeriksa kadar HbA1c diperlukan pengambilan sampel darah di laboratorium.

Mengapa pemeriksaan HbA1c ini dinilai sangat penting bagi penderita diabetes ? Hal ini disebabkan karena kebanyakan pasien diabetes akan minum obat untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. Dengan begitu mereka akan menganggap gula darahnya sudah normal karena setiap hari minum obat. Padahal ini belum tentu. Oleh karena itu sangat penting juga untuk melakukan pemeriksaan kadar HbA1c untuk melihat kadar gula darah selama tiga bulan terakhir.

Baca Juga  Memprihatinkan, Jumlah Perokok Pria Indonesia Peringkat Satu Dunia

Kita tahu bahwa kadar gula darah yang tinggi atau rendah akan berbahaya bagi penderita diabetes. Ada banyak resiko komplikasi yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah, mulai dari kerusakan organ, penglihatan kabur, gangguan fungsi ginjal dan stroke.

Baca Juga : Tanda Kalau Kadar Gula Darah Kita Tinggi

Dengan melakukan pemeriksaan HbA1c juga sangat membantu para dokter untuk memantau efektivitas obat diabetes yang diberikan kepada pasien. Dengan begitu dokter akan lebih mudah menentukan obat mana yang paling cocok bagi pasien tersebut.

Baca Juga  Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Bagi penderita diabetes sudah tidak asing lagi dengan obat yang bernama metformin. Obat jenis ini dinilai cukup efektif untuk menstabilkan kadar gula darah penderita diabetes. Meskipun demikian masih sangat perlu dilakukan cek kadar HbA1c secara berkala.

Sangat disarankan untuk memeriksakan kadar HbA1c setiap tiga bulan sekali. Hasil yang baik adalah nilainya kurang dari 7. Namun jika anda tergolong orang yang sudah lanjut usia, maka skor 8 sudah bisa dikatakan terkendali.

Baca Juga  Beberapa Pola Makan Sehat dari Berbagai Negara Yang Bisa Kita Adopsi

Itulah pentingnya melakukan pemeriksaan kadar HbA1c bagi penderita diabetes. Bukan berarti kalau sudah cek kadar HbA1c kita sudah tidak perlu cek kadar gula lagi, tetapi antara gula darah dan HbA1c keduanya sangat penting untuk memantau kadar gula darah tetap stabil untuk menghindari komplikasi yang lebih serius.

Artikel Terkait : Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarangan Konsumsi Buah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *