Pentingnya Berat Badan Ideal Saat Hamil

header niko 728 x 90

ibu hamil

Hamil merupakan suatu yang berharga bagi kaum wanita. Dengan mengalami hamil dan mempunyai anak, seolah wanita merasa bangga karena bisa menjadi seorang wanita sejati. Namun hal yang bahagia itu bisa berdampak negatif jika kita tidak pandai mengontrol berat badan ideal saat hamil dan pasca hamil.

Mengapa menjaga berat badan saat dan pasca hamil dinilai penting ? karena berdasarkan sebuah penelitian seorang wanita akan mengalami kenaikan berat badan (BB) sekitar 6,3 kg dalam kurun waktu 8,5 tahun pasca melahirkan anak.

Hal yang sama juga terjadi pada ibu yang hamil dengan berat badan yang kurang ideal, akan mengalami kelebihan berat badan rata-rata 4,1 kg setelah 8,5 tahun kemudian.

Faktor yang mempengaruhi berat badan ideal adalah tinggi badan. Untuk itu BMI (Body Mass Index) menggunakan parameter tinggi badan untuk menentukan berat badan ideal seseorang.

Baca Juga  Kesehatan Seseorang Juga dipengaruhi Oleh Tingkat Pendidikan

Berikut kategori menurut BMI :
Normal: berat = 18,5–24,9

Overweight: berat = 25–29,9

Obesitas: 30 atau lebih besar.

 

Sebagai contoh : ada ibu hamil dengan berat badan 50 kg, mempunyai tinggi badan 1,65 meter. Maka hasilnya 50/1,65 (2 kwadrat) = 18,4 kg/m2. Maka ibu hamil ini termasuk dalam kategori kurus sesuai kategori BMI.

Pada ibu hamil yang mempunyai berat badan ideal menueut BMI, biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12 sampai 17 kg. Untuk ibu hamil yang termasuk kurus menurut BMI akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12 kg.

Bagi seorang ibu yang tergolong kurus saat hamil, biasanya sering mengalami anemia (kekurangan darah) pada masa kehamilannya. Selain itu juga rentan terjadi prematur dan mempunyai anak dengan berat badan lahir bayi rendah.

Namun bagi para ibu yang saat hamil mengalami kelebihan berat badan akan beresiko terkena hipertensi kronik, diabetes dan akan melahirkan anak dengan berat badan anak lebih dari 4 kg. Pada anak yang lahir dalam keadaan obesitas, maka sangat rentan terhadap penyakit jantung, diabetes dan hipertensi. Dan biasanya mereka akan gagal melakukan persalinan secara normal.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Saat Kita Marah ?

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar selama hamil seorang ibu mempunyai berat badan yang ideal :

1. Perbanyak Makanan Yang Tinggi Serat

Saat hamil banyaklah makan-makanan yang mengandung serat tinggi. Misalnya buah dan sayur. Dengan makan- makanan yang berserat tinggi, diharapkan akan bisa membuat efek kenyang yang bisa bertahan lebih lama.

2. Menjaga Pola Makan Secara Taratur

Lakukan makan secara teratur. Pada saat pagi hari lakukan sarapan yang cukup menjadi sangat penting. Makanlah 3 kali sehari.Sedangkan untuk porsinya boleh kita kurangi. Banyak para ibu hamil yang tidak melakukan sarapan, dan melakukan makan malam dalam porsi yang banyak.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Iritasi Pada Usus

3. Lakukan Olahraga Secara Teratur.

Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka metabolisme tubuh menjadi lebih baik sehingga banyak kalori yang akan terbakar saat berolahraga.

4. Perhatikan Waktu Tidur Malam Anda.

Jangan melakukan tidur terlalu malam, karena tidur malam akan membuat kita makan dalam jumlah yang banyak. Selain itu akan mendorong kita untuk selalu ngemil pada malam hari.

 

Artikel Terkait : Dampak Minum Alkohol Bagi Wanita Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *