Pengidap HIV Sangat Rentan Terkena Tuberkulosis

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ternyata berdasarkan sebuah data menyebutkan kalau penderita HIV/AIDS (ODHA) sangat rentan untuk terkena tuberkulosis atau TBC. Hal ini disebabkan karena terjadinya pelemahan sistem imunitas tubuh pada penderita HIV/AIDS.

Kita tahu bahwa virus HIV/AIDS akan melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan demikian akan sangat mudah bagi bakteri, virus maupun kuman untuk masuk dalam tubuh penderita HIV/AIDS termasuk Tuberkulosis.

tbc-bagi-pengidap-hiv

sumber gambar : http://penyakitakut.com/

Dengan banyaknya kasus ODHA yang mengalami Tuberkulosis membuat penanganan yang lebih intensif kepada para penderita HIV. Mereka akan diberikan suatu screening yang bisa dilakukan setiap bulannya.

Baca Juga  Manfaat Punya Kulit Gelap Bisa Terlindung dari Sinar Matahari

Dalam screening tersebut petugas kesehatan akan mencoba mengkaji adanya riwayat batuk, sering keluar keringat pada malam hari, terjadi penurunan berat badan dan muncul suatu pembesaran kelenjar.

Dalam rangka peringatan hari HIV/AIDS menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan atau mengasingkan penderita HIV/AIDS. Dengan semakin mereka terangsingkan, maka prosentase penularan akan lebih besar.

Baca Juga : Kelompok Yang Sangat Rentan Untuk Terinfeksi HIV

Bagi anda sekarang ini yang menderita HIV/AIDS dan mengalami satu dari gejala Tuberkulosis yang telah disebutkan tadi, maka sangat disarankan untuk segera periksa ke dokter. Dengan terapi yang tepat, maka Tuberkulosis bisa disembuhkan meskipun memakan waktu yang lama.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengenali Gejala Stroke Sejak Dini ?

Untuk mencegah penularan Tuberkolosis, maka sangat disarankan untuk menggunakan masker. Misalnya saja saat anda menjenguk teman atau saudara yang sedang sakit di rumah sakit. Rumah sakit menjadi tempat penularan penyakit yang sangat potensial termasuk Tuberkulosis. Disamping itu anda juga harus memperhatikan menu makanan yang sehat dan bergizi untuk pertahanan tubuh secara alami.

Baca Juga  Makanan Yang Kaya Akan Kalsium

Artikel Terkait : Memakai Masker Merupakan Cara Terbaik Mencegah Penularan Penularan TB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *