Penggunaan Tabir Surya Bisa Mencegah Kita Dari Kanker

header niko 728 x 90

menggunakan pelembab

InspirasiBersama.com – Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya yang tak terkendali. Semua bagian tubuh manusia tidak lepas akan resiko kanker termasuk kulit. Kanker kulit termasuk jenis kanker yang berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegah kita dari kanker kulit, maka kita bisa menggunakan tabir surya.

Dalam sebuah data yang diambil dari Skin Cancer Foundation menyatakan bahwa setiap 52 menit, ada satu orang yang meninggal yang disebabkan karena menderita kanker kulit. Coba kita bayangkan betapa berbahayanya kanker kulit ini.

Dalam dunia kedokteran, kanker kulit dikenal dengan sebutan melanoma. Untuk memperingati hari kanker kulit, maka sebuah akademi yang bernama American Academy of Dermatologist (AAD) yang berada di Amerika memberikan edukasi kepada banyak orang tentang bahaya serta cara mengurangi resiko kanker kulit.

Baca Juga  Benarkah BAB Yang Tidak Teratur Menjadi Tanda Kalau Tubuh Tak Sehat ?

Tahukah kita bahwa menurut salah seorang dokter yang bernama John C Browning menyatakan bahwa kanker kulit bisa disebabkan karena seringnya kita terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Hal ini berlaku bagi wanita maupun pria. Untuk mengantisipasi hal ini, maka disarankan untuk menggunakan pelembab sebagai pelindung terhadap sinar ultraviolet secara langsung.

Bahkan menurut dokter Rajiv Nijhawan menyarakan kita untuk menggunakan tabir surya SPF 30+. Dengan menggunakan SPF 30+ diharapkan kulit kita lebih terjaga dari paparan sinar matahari secara langsung. Namun menurut dokter Rajiv jangan hanya sekali saja kita mengoleskan tabir surya, setidaknya dua kali dalam sehari.

Mengapa tidak disarankan hanya sekali saja pada pagi hari untuk penggunaan tabir surya ? Hal ini dikarenakan berdasarkan sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa meskipun kondisi cuaca hujan dan berawan, maka sinar ultraviolet akan tetap ada meskipun secara kasat mata matahari tidak tampak.

Baca Juga  Bahaya Sering Menggunakan Celana Ketat Bisa Mengurangi Kesuburan

Bagi mereka yang memiliki warna kulit yang gelap, maka resiko kanker kulit lebih bisa ditekan. Hal ini dikarenakan mereka yang memiliki warna kulit yang gelap cenderung memiliki pigmen kulit yang lebih tebal. Sedangkan mereka yang berkulit putih hanya sedikit memiliki pigmen kulit sehingga lebih beresiko mengalami kanker kulit atau karsinoma.

Selain itu dari jumlah penderita kanker kulit seluruh dunia, kebanyakan adalah para pria. Hal ini disebabkan karena kebanyakan seorang pria jarang untuk menggunakan pelembab dibandingkan dengan seorang perempuan. Dan juga kanker kulit tergolong jenis kanker yang sulit untuk dideteksi oleh penderitanya.

Ada beberapa tanda dari kanker kulit atau karsinoma seperti munculnya lesi pada kulit yang terasa gatal dan bisa berdarah, selain itu bisa juga muncul tahi lalat yang bentuknya tidak simetris dan terus mengalami pembesaran. Jika anda mengalami beberapa gejala tersebut, maka sangat disarankan untuk memeriksakannya ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Baca Juga  Pentingnya Memberikan Mainan Pada Anak Sejak Lahir

Itulah manfaat menggunakan tabir surya untuk mencegah kanker kulit atau melanoma. Ayo mulai sekarang budakan memakai pelembab sebagai pelindung kulit terhadap siner UV secara langsung.

Artikel Terkait : Bahaya Jika Ibu Hamil Terkena Melanoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *