Pengguna Kontak Lensa Wajib Melakukan Kebiasaan Ini

header niko 728 x 90

membersihkan-kontak-lensa

InspirasiBersama.com – Sekarang ini banyak orang menggunakan kontak lensa. Ada yang mempunyai banyak pasang, namun banyak juga yang hanya mempunyai satu pasang saja. Mereka yang hanya menggunakan satu pasang rentan untuk mengalami iritasi karena jarang dibersihkan. Agar terhindar dari hal tersebut, maka pengguna kontak lensa wajib melakukan beberapa kebiasaan ini.

Menggunakan kontak lensa bukan berarti terhindar dari berbagai resiko infeksi pada mata. Mereka yang tidak memperhatikan kebersihan, cara pemakaian yang benar dan cara penyimpanan yang benara akan beresiko mengalami komplikasi infeksi pada mata.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

Ada beberapa kebiasaan yang harus dilakukan bagi mereka pengguna kontak lensa agar terhindar dari resiko infeksi, diantaranya adalah :

 

Kebiasaan yang harus dilakukan:

Baca Juga  Benarkah Dengan Semakin Sering Bercinta Akan Membuat Hidup Lebih Bahagia ?

1. Kebersihan tangan kita sangat penting sebelum menyentuh kontak lensa. Caranya adalah dengan mencuci dengan menggunakan sabun dan air sebelum menyentuh kontak lensa.

2. Yang banyak dilakukan orang adalah tidur dengan tetap menggunakan kontak lensa. Padahal sangat disarankan untuk melepas kontak lensa sebelum kita melakukan tidur.

3. Selanjutnya adalah banyak juga mereka tetap menggunakan kontak lensa saat mandi. Sangat disarankan untuk menghindarkan air dari kontak lensa. Oleh sebab itu lepas dahulu kontak lensa anda sebelum melakukan mandi atau saat berenang.

 

Perawatan lensa kontak:

1. Untuk merawat kontak lensa, maka sangat disarankan untuk mencuci dan membilas kontak lensa dengan menggunakan sabun khusus untuk membersihkan kontak lensa. Sangat tidak disarankan membersihkan kontak lensa dengan cairan desinfekkan sembarangan.

Baca Juga  Mengkonsumsi 5 Makanan Enak Ini Akan Membuat Kita Cepat Tua

2. Selanjutnya adalah tidak disarankan untuk menyimpan kontak lensa ditempat yang berair.

3. Anda juga sangat dianjurkan untuk mengganti kontak lensa secara berkala untuk menghindari resiko infeksi pada mata.

 

Perawatan tempat lensa kontak:

1. Ternyata tempat penyimpanan kontak lensa juga sangat penting untuk dibersihkan. Sangat disarankan untuk membersihkan tempat kontak lensa dengan menggunakan cairan desinfektan khusus.

2. Setelah kita mengambil kontak lensa dari tempatnya, maka sangat disarankan untuk menyimpannya dengan posisi terbalik.

3. Sangat disarankan untuk mengganti tempat penyimpanan lensa kotak setidaknya tiga bulan sekali.

 

Cairan membersihkan lensa kontak:

1. Tidak disarankan menggunakan cairan desinfektan pembersih lensa kontak yang dicampur dengan cairan yang lama. Bersihkan lensa kontak hanya dengan menggunakan cairan desinfektan yang baru saja jangan dicampur.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Sakit Radang Gusi

2. Selain itu penting juga untuk tidak membeli cairan pembersih kontak lensa secara sembarangan. Sangat disarankan untuk menggunakan cairan desinfektan yang disarankan oleh dokter anda.

Itulah beberapa kebiasaan yang wajib dilakukan oleh mereka yang sering menggunakan kontak lensa. Hal ini dilakukan untuk menjaga kontak lensa tetap aman sehingga tidak menyebabkan mata menjadi infeksi.

Artikel Terkait : Cara Memakai Kontak Lensa Berwarna Dengan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *