Pengen Tahu Wujud Uang Kertas Pertama di Dunia ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sejarah munculnya uang ini memang terbilang sudah lama dilakukan. Bahkan banyak ahli sejarah yang menyebutkan kalau penggunaan uang kertas sudah dilakukan sejak sebelum jaman masehi. Dahulu banyak orang melakukan jual dan beli dengan cara menggunakan sistem barter atau saling tukar barang. Menurut mereka hal inilah cara yang paling mudah untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan.

uang-kertas-pertama-kali

sumber gambar : springocean83.wordpress.com

Di semua negara sekarang ini hampir mempunyai mata uang sendiri-sendiri yang terdiri dari uang kertas dan logam. Ada banyak kelebihan dan juga kekurangan antara uang kertas dan uang logam ini. Pernahkah anda berfikir bagaimana ya wujud suatu uang kertas pertama kali yang pernah digunakan oleh orang dahulu ? Apakah bentuknya hampir sama dengan uang kertas yang sekarang ini kita gunakan ?

Baca Juga  Ini Dia Resiko Berat Mempunyai Suami Ganteng

 

Tahukah kita ternyata orang yang pertama kali menggunakan uang kertas adalah bangsa China. Berdasarkan sejarah penggunaan uang kertas pertama ini terjadi pada tahun 618-907 yang bertepatan pada pemerintahan dinasti Tang. Ini menunjukkan kalau peradaban orang China sungguh sangat luar biasa.

Pada waktu itu bukan berarti belum ada uang yang terbuat dari logam ? Pada jaman itu sudah ada uang logam, namun karena faktor berat dan jumlahnya tidak bisa sebanyak uang kertas, maka kebanyakan masyarakat China pada waktu itu lebih memilih menggunakan uang kertas dalam jual beli.

Kalau kita hitung, awal mula penggunaan uang kertas pertama kali di China terjadi pada abad ke enam, wow sungguh sangat luar biasa. Pada jaman tersebut mereka sudah mempunyai sebuah pikiran tentang model uang untuk bertransaksi jual beli. Banyak orang China yang menggunakan uang kertas untuk pembayaran pada saat itu.

Baca Juga  Firza Hussein Kini Resmi Menjadi Tersangka Dalam Kasus Pornografi

 
Seiring dengan berjalannya waktu, para orang China yang terbilang kaya merasa kesulitan untuk menyimpan kekayaan mereka jika berupa uang logam atau uang kertas. Untuk itu pada akhir dinasti Tang munculnya sebuah alat penyimpan kekayaan yang menyerupai uang kertas yang dikenal dengan sebutan Hequen.

Awal mula munculnya uang kertas di negara China inilah yang menjadi inspirasi munculnya mata uang kertas oleh masing-masing negara di Eropa. Kita harus berterima kasih kepada bangsa China yang sudah sejak dahulu menggunakan uang kertas untuk melakukan transaksi jual beli. Sehingga saat ini kita dengan mudah untuk melakukan jual beli.

Baca Juga  Dimana Gunung Tertinggi Untuk Daerah Tropis ?

Sekarang ini munculnya uang kertas membuat banyak negara berlomba-lomba untuk membuat mata uang kertas yang menarik dan tentunya berbeda dengan negara lain. Dengan terbuat dari bahan kertas, membuat keberadaan uang sangatlah vital ditengah-tengah kehidupan kita sehari-hari. Semua orang berlomba-lomba untuk mencari uang demi mencapai suatu kebahagiaan.

Artikel Terkait : Bahagia Tidak ditentukan Oleh Banyaknya Uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *