Pengen Tahu Mengapa ‘Junk Food’ Tidak Baik Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

junk food

InspirasiBersama.com – Konsumsi junk food menjadi gaya hidup masyarakat modern saat ini. Bahkan ada sebagian orang yang beranggapan dengan makan junk food berarti dia merasa bangga. Padahal tahukah kita konsumsi makanan cepat saji atau junk food sama dengan merusak kesehatan kita sendiri secara perlahan-lahan. Pengen tahu mengapa ‘junk food’ tidak baik bagi kesehatan ?

Para pakar kesehatan menyarankan kepada kita untuk menghindari makan junk food. Hal ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan sebuah kajian penelitian menyebutkan bahwa dalam junk food terdapat kandungan molekuler bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang sama terdapat pula pada makanan cepat saji misalnya sandwich, saus pasta dan daging cincang.

Baca Juga  Manfaat Hubungan Seks Yang Memuaskan Ternyata Bisa Mengurangi Sakit Kepala

Molekuler bakteri yang terdapat pada junk food adalah pathogen-associated moleculer patterns (PAMPs). Menurut hasil penelitian PAMPs adalah penyebab terjadinya penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Tidak heran jika kita menjumpai mereka yang sering konsumsi junk food menderita penyakit jantung dan diabetes.

PAMPs yang terdapat pada junk food disebabkan oleh proses pengolahan junk food. Pada makanan yang segar PAMPs ditemukan dalam jumlah yang sangat sedikit. Berbeda dengan kandungan PAMPs pada junk food. Para pakar menilai masuknya PAMPs dalam tubuh manusia membuat sistem kekebalan menjadi menurun.

Baca Juga  Sayuran Yang Bagus Dikonsumsi Saat Sedang Flu

Jika kita berhasil mengurangi konsumsi junk food maka mampu menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 sampai 15 persen.
Berdasarkan sebuah studi lain menyebutkan bahwa membatasi konsumsi junk food terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi anda yang ingin memiliki jantung yang sehat maka usahakan untuk menghindari konsumsi junk food. Jika kita berhasil menghindari junk food maka resiko terkena jantung koroner menurun sampai 40 persen.

Baca Juga  Anjing Bisa Mendeteksi Penyakit Diabetes

 
Artikel Terkait : Sering Makan ‘Fast Food’ Maka Anda Harus Banyak Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *