Pengen Tahu Manfaat Menangis Bagi Kesehatan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang menangis, maka erat kaitannya dengan perasaan sedih. Banyak yang mengatakan bahwa dengan kita menangis, maka akan memberikan perasaan lebih lega dan ini memang benar. Lantas benarkah menangis memberikan banyak manfaat secara kesehatan ?

sumber : hellosehat.com – manfaat menagis bagi kesehatan

Dalam sebuah lansiran yang berasal dari situs WebMD.com menyebutkan bahwa menangis bukanlah sebuah tanda kalau seseorang itu lemah atau tak berdaya. Menangis kerap disebabkan oleh adanya suatu masalah yang membuat emosi kita secara sadar atau tak sadar akhirnya meneteskan air mata. Bahkan bukan hanya itu saja, rasa bahagia juga bisa membuat emosi seseorang tersentuh sehingga sampai meneteskan air mata.

Baca Juga  Benarkah Almond Mengandung Senyawa Yang Berbahaya ?

Yuk mari kita simak ada 3 manfaat menangis yang akan membuat kita kagum :

Memahami Diri Sendiri
Tak dipungkiri bahwa menangis bisa disebabkan oleh beberapa hal muai dari adanya masalah, bahagia dan tentunya pengharapan. Jika anda pernah menangis, maka yang kita alami adalah perasaan yang campur aduk. Tanpa kita sadari bahwa saat menangis akan membuat kita lebih mengerti tentang diri sendiri, masalah apa yang sedang menyakiti, atau keinginan yang masih belum kita capai.

Meningkatkan Empati Orang di Sekitarmu
Saat kita melihat kerabat atau orang yang kita cintai menangis di depan kita, maka hal ini akan memunculkan rasa empati. Hal ini akan membuat banyak orang disekitar kita akan memberikan banyak perhatian yang bisa menjadi sebuah suntikan rasa bahagia. Kondisi ini akan membuat kita merasa banyak mendapat dukungan sehingga kita merasa lebih kuat dalam menghadapi masalah.

Baca Juga  Inilah 3 Ciri Kalau Suami Selingkuh

Perasaan Jadi Lebih Lega
Perasaan akan jauh lebih lega setelah manangis memang bukan sebuah isapan jempol semata. Hal ini juga dibenarkan oleh para pakar kesehatan yang menyebut bahwa dengan menangis akan membuat kita menjadi lebih nyaman, lega dan bahagia. Selain itu kita juga akan jauh lebih memahami diri sendiri tentang masalah yang dihadapi.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Yang Menyebabkan Sakit Leher

Dengan perasaan yang lebih lega, tenang dan nyaman tentunya akan memberikan sebuah suntikan tersendiri bagi fisik atau psikis. Hal ini tentu akan berdampak baik bagi kesehatan karena bisa meningkatkan kembali imunitas tubuh yang sebelumnya mengalami penurunan karena adanya stres atau masalah yang sedang dihadapi.

Artikel Terkait : Tanda Orang Mengalami Depresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *