Pengen Tahu Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan ?

header niko 728 x 90

manfaat cengkeh

Banyak orang mengenal cengkeh hanya sebagai pelengkap cita rasa dalam sebuah makanan. Tetapi tahukah kita ternyata rempah-rempah yang satu ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Banyak sekali kandungan cengkeh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Diantaranya adalah mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Selain itu cengkeh juga kaya akan vitamin seperti C, B6, A, D, E, K, thiamin, niacin dan asam folat.

Kalau kita membahas tentang kandungan cengkeh maka boleh dibilang sangat banyak sekali. Bayangkan selain mengandung vitamin yang tekah disebutkan, ternyata masih ada kandungan lain dari cengkeh yang sangat bermanfaat. Yaitu mengandung flavonoid, heksana, methalyne, timol, wuthenol benzema, serat asam lemak dan zat aktif yang bernama eugenol. Bahkan zat aktif euganol ini terbukti mampu melakukan detoksifikasi terhadap tubuh kita sampai pada melawan sel kanker.

Baca Juga  Mitos Cairan Pra-Ejakulasi Bikin Wanita Hamil

Berikut beberapa manfaat dari cengkeh terhadap kesehatan kita :

Mengatasi masalah pencernaan 
Saat anda mengalami masalah dengan pencernaan, anda bisa memanfaatkan cengkeh sebagai obat. Cengkeh jika dikonsumsi dapat memicu peningkatan enzim pencernaan. Dengan demikian sangat bagus bagi anda yang mengalami mual dan perut kembung.

Mengontrol gula darah diabetes
Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata cengkeh sangat bagus bagi penderita diabetes. Cengkeh berkhasiat mampu mengontrol gula darah anda pada level normal. Caranya adalah dengan mengkonsumsi cengkeh dalam bentuk ekstrak.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dengan kita rajin mengkonsumsi cengkeh maka akan bisa menguatkan imunitas atau kekebalan kita. Selain itu cengkeh juga bermanfaat dalam mencegah reaksi hipersensitivitas.

Baca Juga  Banyak Manfaat Yang didapat Dari Konsumsi Es Krim

 
Mengurangi sakit kepala 
Bagi anda yang mengalami sakit kelapa, anda bisa mengkonsumsi cengkeh sebagai obat alami. Bagaimana caranya ? caranya adalah dengan mencampurkan cengkeh bubuk ke dalam susu. Dengan konsumsi ini maka rasa nyeri akibat sakit kepala akan hilang dalam hitungan menit.

 
Atasi sakit gigi 
Khasiat yang terakhir dari cengkleh adalah mampu mengatasi sakit gigi dan radang pada gusi. Caranya adalah dengan meneteskan minyak cengkeh pada gigi atau gusi yang sakit.

Baca Juga  Beberapa Gejala Migrain Yang Banyak Orang Tidak Tahu

 
Artikel Terkait : Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *