Pengen Tahu Jenis Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Jantung ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat seseorang terdiagnosa penyakit jantung, maka biasanya akan takut untuk melakukan olahraga. Ini adalah sebuah pemahaman yang salah. Mereka yang menderita penyakit jantung tetap disarankan melakukan olahraga, namun tidak semua jenis olahraga aman. Untuk itu penting mengetahui jenis olahraga yang aman bagi penderita jantung.

 

Seorang penderita jantung sangat disarankan untuk selalu memantau denyut nadi. Apakah denyut nadinya melebihi batas normal ataukah malah kurang dari batas normal. Denyut jantung yang normal adalah antara 60 sampai 100 kali permenit. Dengan mengetahui denyut nadi kita saat berolahraga, maka penderita jantung bisa melakukan olahraga secara aman.

jalan-kaki-bagi-penderita-jantung

sumber gambar : sehatsecaraalami.com

Mungkin pertanyaan kita adalah bagaimana cara mengetahui denyut nadi yang aman saat berolahraga bagi penderita jantung ? Menurut seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang bernama Ismoyo Sunu mengatakan bahwa untuk menghitungnya adalah dengan menggunakan rumus 220 dikurangi dengan umur pasien. Hasilnya kita kalikan 80 persen, itulah nadi maksimal saat kita olahraga.

Baca Juga  Jangan Suka Kebanyakan Maupun Kurang Tidur Karena Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

 

Sebagai contoh adalah saat ini usia kita 40 tahun. Caranya adalah 220-40 = 180 x 80% = 144. Itulah batas maskimal denyut nadi kita saat melakukan olahraga. Agar tidak berbahaya bagi kesehatan jantung, maka usahakan jangan sampai melakukan olahraga yang membuat denyut nadi kita lebih dari 144 kali/menit.

 

oleh karena itu bagi penderita jantung sangat disarankan untuk menggunakan alat perekam denyut jantung saat melakukan olahraga. Dengan mengetahui batas maksimal denyut jantung yang dibolehkan, maka kita bisa menghentikan olahraga jika ternyata denyut jantung kita hendak melampaui batas maksimal.

Baca Juga  Sekarang Ini Banyak Kalangan Muda Yang Mengalami Penyakit Lansia

 

Mungkin yang bagus adalah jangan sampai terlalu mendekati angka 114 kali permenit denyut nadi kita. Saat mencapai angka 90 lebih dan mendekati angka 100 kali perment\it sangat disarankan untuk mengurangi porsi olahraga atau melakukan istirahat agar tidak membahayakan kinerja jantung.

Baca Juga : Tips Mudah Memiliki Jantung Yang Sehat

 

Lantas jenis olahraga apa saja yang aman untuk dilakukan olah penderita penyakit jantung ?. Beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan adalah jalan kaki, berlari kecil, yoga atau naik sepeda santai. Dengan melakukan olahraga juga merangsang pengeluaran hormon endorfin yang membuat kita lebih bahagia.

 

Bagi penderita jantung tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berat seperti bermain sepak bola, berenang, bulu tangkis, basket dan bola voli. Jika anda memaksa melakukan jenis olahraga ini, maka akan membuat rangsangan pengeluaran hormon adrenalin yang membuat kinerja jantung kita semakin berat.

Baca Juga  Inilah Yang Terjadi Pada Penis Pria Saat Usia Sudah Tua

 

Yang perlu juga diperhatikan dalam melakukan olahraga bagi penderita jantung adalah durasi. Tidak disarankan melakukan olahraga dalam waktu yang lama. Anda cukup melakukan olahraga rutin 30 menit yang bisa dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Namun ini bukan menjadi patokan, anda harus menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *