Penderita Kanker Tidak Hanya Membutuhkan Perawatan Medis Saja, Psikis Juga Penting

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Seseorang yang menderita kanker memang sangat membutuhkan penanganan medis. Ternyata menurut para pakar kesehatan, bukan hanya penanganan medis yang dibutuhkan penderita kanker, namun juga membutuhkan penanganan psikologis guna ketenangan jiwa.

 

Kondisi ini memang tepat, karena manusia membutuhkan beberapa kebutuhan dasar mencakup fisik, sosial dan psikis. Penderita kanker membutuhkan penanganan medis dan psikis selama menjalani pengobatan.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang dokter spesialis penyakit dalam yang berasal dari RS ternama di Jakarta. Dengan memberikan perawatan psikologis maka sangat membantu dalam proses penyembuhan penyakit kanker.

Baca Juga  Tanda-tanda Anak Menderita Autisme

Baca Juga : Pentingnya Kekebalan Tubuh Dalam Menangkal Kanker

 

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa penderita kanker sangat rentang mengalami depresi. Oleh karena itu, pelayanan dan perawatan yang berhubungan dengan psikis pasien sangat penting agar tingkat harapan hidup pasien kanker lebih besar.

 

Saat penderita kanker mengalami depresi, maka resiko kematiannya akan sangat tinggi. Oleh karena itu dalam pengobatan pasien kanker perlu adanya tim yang terdiri dari medis dan psikiater.

Baca Juga  Ternyata Biji Semangka Bermanfaat Bagi Kulit dan Meningkatkan Libido

 

Selain itu penderita kanker juga membutuhkan kebutuhan sosial. Kebutuhan sosial ini bisa didapatkan dengan adanya sosialisasi dengan orang lain terutama keluarga yang memberikan support penuh demi kesembuhan penyakit kanker yang diderita.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *