Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarangan Konsumsi Buah

header niko 728 x 90

apel hijau

InspirasiBersama.com – Jika anda termasuk orang yang menderita diabetes, maka tidak boleh sembarangan konsumsi buah. Meskipun pada hakekatnya konsumsi buah banyak mengandung banyak manfaat bagi tubuh, namun bagi penderita diabetes ada beberapa jenis buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi karena bisa mengganggu keseimbangan kadar gula dalam darah.

Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap stabil sangatlah penting. Kalau kadar gula darah tinggi atau rendah, maka bisa berbahaya bagi kesehatan penderita. Oleh karena itu rutin melakukan cek kadar gula sangat disarankan bagi penderita diabetes.

Sangat disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter anda tentang jenis buah yang dibolehkan bagi penderita diabetes. Pada hakekatnya, penderita diabetes boleh mengkonsumsi aneka makanan, namun yang harus menjadi perhatian adalah porsi atau jumlah makananan yang dikonsumsi. Jangan sampai membuat kadar gula darah menjadi naik.

Baca Juga  Penyebab Menguap Mudah Sekali Menular

Menurut para ahli, untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Jenis makanan yang banyak mengandung mengandung serat adalah jenis buah-buahan. Namun bukan berarti semua buah boleh dikonsumsi, pilih buah yang yang mengandung kadar glukosa yang lebih rendah agar tidak menyebabkan kadar gula darah menjadi naik.

Bagaimana cara mengenali jenis buah yang hanya mengandung kadar glikemik rendah ? tandanya adalah dari rasanya. Biasanya buah dengan kadar glikemik yang rendah mempunyai rasa yang tidak terlalu manis. Jadi anda pilih jenis buah yang tidak begitu manis. Kalau jenis semangka, mangga, pisang, melon, manggis, sawo adalah jenis buah yang rasanya manis jadi tidak disarankan bagi penderita diabetes.

Baca Juga  Mengatasi Rambut Rontok Dengan Menggunakan Daun Pandan

Jangan khawatir, ada beberapa jenis buah yang memiliki kadar glikemik rendah, contohnya adalah apel hijau, buah berry, jeruk bali, kiwi, lemon. Itulah jenis buah yang disarankan oleh para dokter bagi penderita diabetes.

Untuk mendapatkan khasiat dari buah, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah segar secara langsung. Jangan lupa untuk mencuci bersih dengan air yang mengalir sebelum kita konsumsi. Dengan seperti itu maka bisa sangat bermanfaat untuk menstabilkan produksi insulin dalam tubuh kita.

Kalau dalam kondisi bulan Ramadhan, sebaiknya konsumsi buah dilakukan saat sahur. Hal ini akan bermanfaat bagi tubuh kita agar menjaga rasa kenyang lebih lama saat kita berpuasa sehingga membuat kadar gula darah tidak mudah turun. Nah saat berbuka puasa, kita disarankan untuk konsumsi jus buah yang manis yang bisa menaikkan kadar gula darah akibat puasa seharian.

Baca Juga  Bolehkah Buah Manis dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes ?

Artikel Terkait : Tanda Kalau Gula Darah Kita Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *