Penderita Diabetes Tidak Boleh Melakukan Jenis Olahraga Yang Dilarang

header niko 728 x 90

olahraga ringan diabetes

InspirasiBersama.com – Bagi orang yang sehat, melakukan olahraga secara rutin sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tetap optimal. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang menderita diabetes. Mereka yang positif menderita diabetes tetap disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua jenis olah raga dibolehkan bagi penderita diabetes. Penderita diabetes tidak boleh melakukan olahraga yang dilarang.

 

Bagi mereka yang diabetes, dengan melakukan olahraga secara teratur akan sangat baik bagi kesehatan terutama untuk menjaga stabilitas gula darah, membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar, dan bisa meningkatkan massa otot. Bukan hanya itu saja, mereka yang rutin melakukan olahraga juga akan mengalami proses penyerapan glukosa yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga.

 

Orang yang rajin melakukan olahraga, maka bisa meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh untuk bekerja menurunkan kadar glukosa yang berlebih. Dengan demikian kita bisa terhindar dari kondisi kadar gula yang tinggi yang meningkatkan resiko diabetes.

Baca Juga  Mengenal Rebung Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Baca Juga : Khasiat Rambut Jagung Untuk Mencegah Diabetes

 

Bagi anda yang saat ini sudah divonis oleh dokter menderita diabetes atau bahkan sudah mengalami komplikasi yang lebih parah, maka sangat disarankan untuk tidak sembarangan melakukan jenis olahraga. Hal ini disebabkan karena ada beberapa jenis olahraga yang justru akan membuat kondisi penderita diabetes semakin memburuk.

 

Bagi anda yang sudah mengalami komplikasi diabetes retinopati, maka tidak disarankan untuk sering melakukan olahraga jenis angkat beban. Hal ini akan membuat kondisi kesehatan semakin memburuk.

 
Namun jika ternyata anda saat ini menderita diabetes dengan komplikasi pada bagian saraf, maka sangat tidak disarankan untuk melakukan jenis olahraga yang membuat latihan berat pada bagian kaki. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya resiko cidera patah pada tulang dan terjadinya peradangan.

Baca Juga  Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Mampu Redakan Depresi

 
Menurut para ahli, bagi mereka yang menderita diabetes sangat disarankan untuk melakukan jenis olahraga yang bersifat ringan dan dalam durasi yang singkat. Hal ini untuk menghindari menurunnya kondisi tubuh saat olahraga.

 

Dengan rutin melakukan olahraga ringan selama kurang lebih 10 menit setiap hari, maka bisa meningkatkan kadar hemoglobin seseorang. Bukan hanya itu saja, olahraga ringan secara rutin juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa juga untuk menurunkan berat badan tubuh yang berlebih.

 
Selain itu penderita diabetes saat berolahraga juga disarankan untuk memperhatikan dehidrasi selama olahraga. Anda boleh juga membawa air minum manis saat olahraga untuk mengantisipasi kondisi turunnya kadar gula darah.

Baca Juga  Inilah Jenis Obat Yang Paling Sering dipalsukan

 
Selain itu penderita diabetes juga sangat disarankan untuk melakukan cek kadar gula sebelum dan sesudah melakukan olahraga. Hal ini untuk menghindari kondisi naiknya kadar gula darah yang tidak diketahui.
Penting juga bagi anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda tentang jenis olahraga yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Hal ini untuk menghindari kondisi kesehatan yang semakin memburuk setelah melakukan olahraga.

Artikel Terkait : Penderita Diabetes Tidak Boleh Sembarangan Mengkonsumsi Buah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *