Penderita Diabetes Sangat disarankan Untuk Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin kita sudah mendengar kalau penyakit diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada mata. Gangguan pada mata merupakan salah satu dari sekian banyak komplikasi yang disebabkan karena peningkatan kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena meningkatnya kadar gula darah bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah baik besar maupun kecil.

 

Oleh karena itu bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap mata. Hal ini penting untuk menghindari munculnya retinopati atau gangguan pada retina yang bisa menyebabkan kebutaan.

rutin-cek-mata

sumber gambar : BeritaSatu.Com

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Kondisi ini disebabkan karena jika ternyata seseorang mengalami peningkatan kadar gula darah dalam kurun waktu yang lama, maka akan menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Salah satu pembuluh darah yang rentang bermasalah adalah pembuluh darah pada retina sehingga menjadi bocor dan tersumbat. Kondisi ini menyebabkan mata kekurangan oksigen.

Baca Juga  Apakah Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Pria ?

Baca Juga : Khasiat Rambut Jagung Bisa Mencegah Diubetes

 

Kondisi retinopati pada pasien diabetes menjadi hal yang berbahaya karena bisa menyebabkan penderitanya buta. Yang membuat kita khawatir adalah kebanyakan para penderita diabetes tidak menyadari gejala ini, tau-tau kondisi komplikasi pada mata sudah stadium lanjut.

 

Pada awalnya munculnya komplikasi pada mata bisa ditandai dengan munculnya suatu edema pada daerah makula. Pada kondisi ini pasien akan merasakan ada gangguan dalam penglihatan yang ditandai dengan penurunan ketajaman, menjadi buram, dan muncul suatu bercak gelap saat melihat. Apabila kondisi ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menyebabkan kebutaan.

Baca Juga  Benarkah Saat Hujan Membuat Nyeri Akan Meningkat ?

 

Kondisi komplikasi diabetes yang sampai menyebabkan kebutaan tidak bisa disembuhkan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan pencegahan dengan cara rutin melakukan pemeriksaan mata.

 

Menurut para pakar kesehatan, bagi anda yang saat ini sudah menderita diabetes, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Jangan tunggu sampai muncul suatu gejala. Kondisi ini berlaku bagi anda yang terdiagnosa diabetes tipa 2.

 

Bagi anda yang ternyata terdiagnosa diabetes tipe 1, maka pemeriksaan mata bisa dilakukan setelah kurun waktu 3-5 tahun sejak diagnosa muncul. Setelah itu anda bisa hanya melakukan pemeriksaan mata setahun sekali.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Memperbaiki Kulit Yang Kering dan Pecah-pecah

 

Selain rutin memeriksa kesehatan mata, bagi penderita diabetes juga disarankan untuk rutin melakukan cek kadar gula. Hal ini untuk mengetahui kondisi kadar gula anda sehingga dapat menentukan pola makan yang tepat.

Artikel Terkait : Dampak Kadar Gula Tinggi Bisa Merusak Organ Seksual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *