Penderita Diabetes Harus Berhati-hati Karena Serangan Jantung Bisa Terjadi Tanpa Adanya Nyeri Dada

header niko 728 x 90

InspirasieBersama.com – Mengalami penyakit diabetes memang sangat tidak mengenakkan. Ada banyak sekali komplikasi yang akan beresiko dialami diantaranya gangguan jantung, penglihatan, ginjal dan stroke. Belum lagi munculnya gangguan pada fungsi seksual. Yang harus diwaspadai adalah serangan jantung yang terjadi pada penderita diabetes bisa tidak disertai dengan adanya nyeri dada.

serangan-jantung-tanpa-nyeri-dada

sumber gambar : http://hariansehat.com/

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Menurut para ahli mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya gangguan sistem saraf yaitu saraf neuropati. Artinya seseorang yang mengidap diabetes akan sangat rentan untuk mengalami gangguan pada sistem saraf neuropati yang menyebabkan penderita kehilangan respon nyeri. Ini artinya adalah mereka tidak akan lagi merasakan rasa nyeri.

 
Dalam dunia kedokteran nyeri dada disebut dengan istilah chest pain. Biasanya serangan jantung akan ditandai dengan munculnya chest pain ini. Nah jika seorang penderita diabetes sudah terganggu pada saraf neuropatinya, maka jika terjadi serangan jantung mereka tidak akan merasakan nyeri dada lagi tetapi langsung pada kondisi serangan yang lebih berat.

Baca Juga  Dampak Positif Yoga Bagi Wanita Menopause

Baca Juga : Cara Mengenali Gejala Ringan Dari Penyakit Jantung

Jika hal ini benar-benar terjadi maka akan sangat berbahaya sekali. Bisa saja pasien diabetes yang mendapatkan serangan jantung bisa meninggal mendadak di tempat. Meskipun demikian kebanyakan dari mereka yang menderita diabetes hanya mengalami gangguan saraf neuropati pada bagian kaki saja. Artinya rangsangan nyeri pada kaki akan hilang seperti tidak terasa lagi saat kaki terkena paku atau terjadi luka.

Menyikapi hal yang demikian, maka kita harus berusaha mencegah terjadinya penyakit diabetes. Terlebih bagi anda yang mempunyai badan yang terbilang gemuk atau obesitas. Anda akan beresiko lebih besar mengalami diabetes yang resisten terhadap insulin yang membuat resiko gangguan pada saraf neuropati lebih besar dibandingkan dengan penderita diabetes yang tidak resisten terhadap insulin.

Baca Juga  Kenali Beberapa Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil

Yang membuat kita khawatir adalah berdasarkan sebuah hasil data yang dilakukan selama sepuluh tahun menyebutkan bahwa kebanyakan dari para penderita diabetes tidak sadar kalau dirinya mengalami gangguan jantung. Hal ini bisa disebabkan karena kurang pengetahuan tentang komplikasi diabetes.

Bahkan menurut para ahli mengatakan bahwa munculnya chest pain pada orang yang mengalami serangan jantung amatlah penting. Kalau diistilahkan adalah merupakan rambu-rambu berwarna kuning yang artinya kita harus berhati-hati atau waspada. Jika kita tidak waspada maka bisa saja menjadi sebuah serangan jantung yang dahsyat yang bisa menyebabkan kematian secara mendadak.

Baca Juga  Gangguan Kesehatan Yang Bisa disebabkan Karena Amandel

Solusi yang paling baik untuk mencegah hal ini adalah menurunkan faktor resikonya. Yang harus kita rubah mulai sekarang adalah pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat agar tidak menyebabkan penyakit diabetes. Kita tahu bahwa penyakit diabetes sangat erat kaitannya dengan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Semoga kita semua dihindarkan oleh Allah dari penyakit ini, amin.

Artikel Terkait : Merokok Dapat Memperburuk Kondisi Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *