Penanganan Yang Cepat Pada Orang Dengan Serangan Jantung Bisa Mengurangi Resiko Fatal

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari mereka yang diketahui mengalami serangan jantung adalah mereka yang enggan untuk memeriksakan ke dokter saat mengalami gejala-gejala yang tidak wajar pada tubuhnya. Bisanya mereka menyadari akan gejala itu, namun karena merasa takut mereka akhirnya tidak memeriksakan ke dokter. Padahal jika dilakukan pemeriksaan lebih dini maka gangguan jantung bisa ditangani dengan baik.

Saat seseorang mengalami gejala gangguan jantung, biasanya tanda umumnya adalah adanya rasa sesak, nyeri pada dada dan bisa menjalar sampai punggung dan bagian tubuh lain, muncul keringat dingin dan gelisah. Apabila anda merasakan gejala yang seperti ini, maka segera pergi ke rumah sakit.

penanganan-serangan-jantung

sumber gambar : health.kompas.com

Sekarang ini di banyak rumah sakit sudah hampir semuanya mempunyai ruangan intensif untuk mereka yang mengalami gangguan jantung (ICCU). Ini menjadi sebuah kemajuan tersendiri dalam menangani pasien dengan serangan jantung yang sangat membahayakan. Hal ini sangat berbeda pada masa tahun 1970-an. Dengan adanya ini membuat angka kematian atau mortalitas yang disebabkan karena serangan jantung bisa ditekan sampai 15 persen.

Baca Juga  Tips Mengenali Gejala Keterlambatan Bicara Pada Anak

Bukan hanya itu saja, sekarang ini jenis obat yang digunakan untuk menangani pasien dengan serangan jantung juga berkembang dengan pesat dan hasilnya sangat bagus mencegah angka kematian. Misalnya saja obat aspirin yang mampu menurunkan angka kematian sampai 12 persen. Kemudian obat fibrinolitik yang juga bisa menekan angka kematian sampai 9 persen.

Selain jenis obat-obatan, penanganan lain pada gangguan jantung misalnya pemasangan ring atau angioplasti juga sudah berkembang mulai tahun 2000an yang mampu menekan angka kematian pasien sampai 5-6 persen.

Oleh karena itu bagi anda yang saat ini mulai merasakan hal yang tidak wajar pada bagian dada dan jantung seperti dada sering berbedar-bedar, sering ngongsroh atau terkadang nyeri pada bagian dada, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan jantung ke rumah sakit. Dengan deteksi sedini mungkin, maka angka kematian akan bisa ditekan dan anda kembali hidup dengan sehat.

Baca Juga  Apa Tandanya Kalau Kontrasepsi Yang Kita Gunakan Tidak Cocok ?

Baca Juga : 5 Ciri Jantung Yang Tidak Bekerja Dengan Normal

Untuk mengurangi resiko agar tidak terjadi masalah pada jantung, selain rutin melakukan cek ke dokter kita juga harus mempunyai gaya hidup yang sehat. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat maka akan menurunkan resiko berbagai penyakit, bukan hanya penyakit jantung.

Yang harus kita lakukan adalah menghindari merokok, suka minum-minuman beralkohol, tidur yang cukup, makan-makanan yang bergizi, rajin berolahraga setiap hari dan mengurangi stres.

Baca Juga  Sering Mengalami Gejala Sindrom Pra-menstruasi ? Redakan Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Kalau untuk urusan menjaga pola makan yang baik, maka sebaiknya kita mengurangi asupan makanan yang tinggi gula, lemak dan kolesterol. Anda tidak boleh banyak konsumsi makanan manis yang bisa memicu peningkatan berat badan yang menjadi faktor resiko penyakit jantung. Selain hal-hal tersebut kita juga harus menjaga asupan garam yang cukup. Jangan suka makan asin yang bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi atau hipertensi.
Artikel Terkait : Apa Tandanya Kalau Kita Mengalami Serangan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *