Orang Yang Rutin Mengkonsumsi Kopi Menghindarkan Dari Resiko Stres dan Depresi

header niko 728 x 90

rajin minum kopi

InspirasiBersama.com – Dahulu banyak orang mengenal kopi sebagai jenis minuman yang kurang memberikan efek positif bagi kesehatan. Namun sekarang ini sudah banyak hasil studi terbaru yang menyebutkan bahwa sering minum kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan terutama menghindarkan stres dan depresi.

Berdasarkan banyak studi yang telah dilakukan memang menyebutkan bahwa kopi mengandung kafein yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar akan bermanfaat bagi kesehatan. Namun yang dimaksud dengan kopi atau kafein disini adalah kopi hitam dan bukan jenis minuman kopi yang banyak tambahan gula, cream atau susu.

Berdasarkan salah satu hasil studi menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi kopi hitam bisa bermanfaat mencegah terhadap penyakit diabetes dan beberapa jenis kanker. Bukan hanya itu saja mereka yang sering mengkonsumsi kopi juga terbukti mempunyai sebuah memori yang lebih bagus. Selain itu bagi penderita depresi, minum kopi bisa bermanfaat meredakan kecemasan.

Baca Juga  Mengkonsumsi 5 Makanan Enak Ini Akan Membuat Kita Cepat Tua

Dalam sebuah hasil studi tersebut juga disebutkan kalau seseorang rutin mengkonsumsi kopi sebanyak dua sampai empat cangkir dalam sehari, maka menurunkan resiko kematian yang disebabkan karena bunuh diri atau depresi.

Bagaimana jika kita mengkonsumsi kopi yang tidak mengandung kafein ?. Ternyata meskipun kita rutin mengkonsumsi kopi yang tidak mengandung kafein, maka kita tidak akan mendapatkan manfaat untuk menghilangkan stres dan berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga  Antara Minyak Kelapa dan Mentega, Mana Yang Lebih Berbahaya ?

Mengapa sering minum kopi bisa menyebabkan kondisi yang lebih bagus bagi mereka yang mengalami depresi. Ternyata saat kita mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein, maka akan menyebabkan tubuh banyak memproduksi endorfin yang membuat fungsi sebagai antidepresan yang membuat perasaan kita menjadi lebih bahagia.

Bagi anda yang saat ini sering kali merasa mudah cemas, galau atau sering mengalami kesedihan, maka mengkonsumsi kopi menjadi hal yang sangat positif. Lakukan rutin mengkonsumsi kopi sebanyak dua sampai empat cangkir dalam sehari dan rasakan perubahan yang terjadi.

Baca Juga : Tanda Kalau Kita Terlalu Banyak Minum Kopi

Namun bagi anda yang mempunyai riwayat gastritis dan penyakit jantung, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini disebabkan karena minum kopi pada sebagian orang bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dan bisa meningkatkan asam lambung.

Baca Juga  Ternyata Mendengarkan Musik Sangat Bagus Bagi Penderita Jantung Koroner

Artikel Terkait : Konsumsi Kafein Secara Berlebihan Bisa Merusak Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *