Orang Yang Kurang Minum Bisa Menyebabkan Obesitas dan Tekanan Darah Tinggi

header niko 728 x 90

kurang minum

InspirasiBersama.com – Ternyata orang yang kurang asupan cairan atau kurang minum bisa memicu peningkatan berat badan atau obesitas bahkan bisa juga meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Kondisi dehidrasi yang sering kali dialami seseorang bisa juga disebabkan karena pemahaman yang salah tentang kebutuhan cairan. Kebanyakan dari kita menganggap kalau kita minum jus, kopi, minuman bersoda dan teh sama halnya dengan minum air putih. Namun ternyata minuman jenis tersebut mengandung banyak gula, garam dan kafein yang justru memicu dehidrasi.

Pemahaman yang benar tentang kebutuhan cairan tubuh adalah minum air putih sebanyak delapan gelas sehari, bukan minuman yang lain. Dengan melakukan minum air putih delapan gelas per hari, maka bisa mencegah dehidrasi, mulut dan tenggorokan yang kering serta bisa mencegah kita dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Bagaimana Pola Minum Yang Benar Menurut Kesehatan ?

Secara alami manusia bisa bertahan hidup selama satu bulan tanpa makan. Namun ternyata jika kita tidak minum air sama sekali hanya bisa bertahan hidup sampai sekitar seminggu saja. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya cairan bagi tubuh manusia. Bahkan kalau kita mempelajari ilmu anatomi tubuh manusia maka disebutkan bahwa komposisi tubuh manusia sekitar 75 persennya adalah terdiri dari air.

Baca Juga  Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan ?

Secara alami tubuh kita akan memberikan sinyal saat kita mengalami dehidrasi. Menjelang dehidrasi kita akan merasakan rasa haus yang membuat bibir dan tenggorokan menjadi kering. Saat kondisi ini secara tidak langsung mendorong kita untuk mengkonsumsi air.

Apabila kita terbiasa dengan banyak minum akan ada banyak manfaat kesehatan yang akan kita peroleh. Misalnya saja jika kita terbiasa minum air putih satu gelas setelah bangun tidur, maka bisa menurunkan resiko terkena hipertensi.

Baca Juga  Olahraga Menjadi Kunci Awet Muda

Apabila tubuh kita mengalami dehidrasi, maka secara otomatis akan membuat darah kita menjadi lebih kental. Kondisi ini tentu kurang baik bagi aliran darah kita yang bisa memicu tekanan darah menjadi tinggi dan berdampak kurang baik bagi kesehatan jantung.

Bukan hanya itu saja, menurut Asosiasi jantung yang berasal dari Amerika Serikat mengatakan bahwa seseorang yang mengalami dehidrasi bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darahnya meningkat. Hal ini terjadi secara normal sebagai respon tubuh untuk menjaga agar tidak kehilangan banyak cairan. Saat kadar kolesterol menjadi tinggi akan memicu tekanan darah tinggi yang bisa memicu serangan jantung.

Tidak berhenti sampai disitu saja, kondisi tubuh yang dehidrasi bisa juga menyebabkan resiko obesitas. Selanjutnya akan meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dan juga penyakit kanker.

Dengan melihat betapa pentingnya cairan dalam tubuh kita, maka sangat disarankan untuk menjaga asupan cairan yang cukup sekitar delapan gelas air putih dalam sehari. Jangan langsung minum dalam satu waktu dalam jumlah yang banyak, namun lakukan secara bertahap pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Baca Juga  Mengalami Obesitas Sampai Usia 30 Tahun Meningkatkan Ketidaksuburan Wanita

Dengan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga, maka bisa menjaga berat badan kita tetap ideal. Hal ini disebabkan karena saat kebutuhan cairan tubuh tercukupi, maka proses metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik.

Artikel Terkait : Mengapa Ada Orang Yang Selalu Merasa Haus ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *