Orang Yang Bekerja Tidak Sesuai Dengan Kepribadian Akan Memicu Stres

header niko 728 x 90

malas bekerja

InspirasiBersama.com – Sering kali kita melihat dan mendengar seseorang yang mengaku stres dengan pekerjaan. Ada banyak alasan seseorang mengalami stres saat bekerja, salah satunya adalah karena bukan passion dan tidak sesuai dengan kepribadian. Ada juga yang disebabkan karena mempunyai atasan yang galak, pekerjaan yang terlalu berat dan jarak yang jauh dengan rumah.

Yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah orang yang stres dengan pekerjaannya karena bukan merupakan passion dia. Banyak sekali orang yang bekerja tidak pada passion atau kesukaan.

Sering kali kita melihat sebagian orang yang bekerja seadanya namun sangat dia suka atau sesuai dengan passionnya. Oleh karena itu mereka menjalankannya dengan sepenuh hati dan bisa menjadi pekerjaan yang membawa berkah.

Menurut seorang pakar profesor psikolog yang berasal dari Swiss mengatakan bahwa pada kenyataannya banyak orang yang mempunyai pekerjaan yang tidak sesuai dengan pasiion namun lebih disebabkan karena faktor sosial dan lingkungan.

Baca Juga  Beberapa Penyakit Yang disebabkan Karena Sering Begadang

Kalau kita membahas tentang kepribadian yang erat kaitannya dengan pekerjaan. Secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu motif berkuasa dan motif affiliasi. Seseorang yang mempunyai kepribadian motif berkuasa, maka saat menjalankan pekerjaan lebih suka  atau mempunyai motif untuk menguasai dan banyak mengambil tanggungjawab orang lain.

 

Selain itu model seperti ini biasanya ditandai dengan suka mengeluarkan argumen, berdisiplin dan suka bernegosiasi. Sedangkan mereka yang mempunyai motif affliasi akan cenderung membangun hubungan yang orang lain dengan lebih intensif, membangun hubungan sosial yang lebih baik dengan banyak orang.

Namun pada kenyataannya banyak orang yang mengaku stres dengan pekerjaannya meskipun dia memiliki kekuasaan atau mereka yang tidak mempunyai kekuasaan atau tipe affliasi. Menyikapi hal yang demikian, maka para ahli menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan kepribadian mereka.

Baca Juga  Kulit Yang Iritasi Bisa disebabkan Kerena Terlalu Sering Mencuci Muka

Baca Juga : Dampak Negatif Stres Bisa Membuat Seseorang Cepat Pikun

 
Bagi anda yang saat ini mempunyai pekerjaan yang ternyata membuat kita stres, maka bisa jadi pekerjaan yang kita lakukan tidak sesuai dengan passion dan kepribadian kita. Mengatasi hal yang demikian, maka solusinya anda bisa berkonsultasi dengan atasan anda untuk bertukar posisi atau bagian yang lain yang bisa membuat kita tidak lagi stres.

 

Jika anda sudah merasa sangat tidak nyaman dan tidak sesuai dengan passion anda, maka coba cari tahu apa passion anda tersebut. Sambil melakukan pekerjaan yang lama anda bisa menekuni passion anda misalnya berbisnis.

Baca Juga  Jangan Sepelekan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh Karena Bisa Menjadi Penyakit Paru Kronik

 

Setelah pekerjaan passion anda atau bisnis anda jalan dan menghasilkan lebih dari gaji anda di kantor, maka anda boleh meninggalkan pekerjaan anda yang memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion dan kepribadian anda agar tidak mengalami stres yang berkepanjangan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Artikel Terkait : Gambaran Kepribadian Bisa dikenali Dengan Status Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *