Orang Tua Berperan Penting Mencegah Gigi Anak Berlubang

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Orang tua terutama ibu mempunyai peranan yang sangat penting bagi anak. Agar anak bisa melakukan hal-hal yang bisa bermanfaat bagi kesehatan membutuhkan peran serta orang tua terutama ibu. Misalnya saja untuk mendidik anak agar mau sikat gigi 2 kali sehari, maka orang tua dituntut untuk mampu membimbing. Hal ini bisa mencegah agar gigi anak tidak berlubang.

 

Bahkan dalam sebuah hasil studi yang menyebutkan bahwa seorang anak yang sering mendapatkan pendampingan dalam urusan sikat gigi, maka menurunkan 32 persen resiko memiliki gigi berlubang. Hal ini tentu menjadi kabar yang sangat baik.

mengajarkan-anak-untuk-sikat-gigi

sumber gambar : segiempat.com

Ada banyak kegiatan yang dianggap banyak orang sepele, namun jika sudah menjadi kebiasaan maka akan berdampak besar bagi kesehatan. Misalnya saja kebiasaan menyikat gigi 2 kali sehari dan sikat gigi sebelum tidur. Ini adalah hal yang sepele, namun jika diabaikan akan menyebabkan gangguan kesehatan gigi dan mulut pada anak.

Baca Juga  Benarkah Melakukan Yoga Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma ?

 

Orang tua juga dituntut untuk bisa mengajari anak bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Pada tahap awal peran dan pendampingan orang tua sangat dibutuhkan. Namun jika anak sudah terbiasa menyikat gigi sendiri dengan benar, tentu ini sangat bagus bagi kesehatannya terutama gigi dan mulut.

Baca Juga : Bahaya Hanya Menyikat Gigi Sekali Sehari

 

Tak dipungkiri bahwa masih banyak juga orang tua yang tidak mampu mendidik anaknya untuk menyikat gigi 2 kali sehari dan sebelum tidur. Mereka berasalan anaknya sangat susah untuk diatur atau menangis saat didampingi untuk sikat gigi. Hal inilah yang menjadi kendala banyak ibu yang gagal mengajari anaknya untuk menyikat gigi dengan benar.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Menyehatkan Ginjal

 

Menyikapi hal yang demikian, maka peran orang tua sangatlah penting. Para ibu juga dituntut untuk pandai membujuk dan melatih anak agar mau menyikat gigi 2 kali sehari dan sebelum tidur. Misalnya saja menunjukkan kalau kebiasaan sikat gigi adalah kebiasaan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dengan begitu anak akan tertarik untuk melakukan hal yang sama seperti yang orang tua mereka lakukan.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Seseorang Wanita Menstruasi ?

 

Jika seorang anak sejak kecil tidak dibiasakan untuk menyikat gigi 2 kali sehari dan ditambah sebelum tidur, maka besar kemungkinan akan mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut. Salah satu masalahnya adalah sering muncul gigi berlubang. Kondisi ini tentu akan membuat anak lebih mudah sakit gigi yang membuat anak menjadi rewel dan susah makan.

Artikel Terkait : Alasan Mengapa Sikat Gigi Sangat disarankan Ganti Tiap 3 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *