Obat Batuk Yang Aman dan Alami Untuk Ibu Menyusui

header niko 728 x 90

ibu menyusui batuk

InspirasiBersama.com – Bagi seorang ibu yang menyusui, batuk dan pilek menjadi hal yang sangat menyiksa dan membuat ibu dilema. Para ibu akan merasa bingung dan takut bayinya menjadi tertular batuk dan pilek. Namun jika memilih minum obat, maka muncul kekhawatiran akan mempengaruhi kualitas ASI. Untuk itu seorang ibu perlu mengetahui obat batuk yang aman dan alami untuk ibu menyusui.

 

Bagi seorang ibu yang sedang hamil, memang diperbolehkan secara medis untuk mengkonsumsi obat tertentu. Meskipun demikian, bukan berarti tidak menimbulkan efek pada ASI. Ibu menyusui yang mengkonsumsi obat akan tetap memiliki efek samping pada ASI yang diberikan kepada bayi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat tertentu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua jenis obat aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ada beberapa obat tertentu yang secara medis tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena bisa menimbulkan efek negatif terhadap ASI yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan bayi.

Baca Juga  Operasi Membran Sel Novel Akan dilakukan Hari Ini

Ada beberapa jenis obat yang memang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, misalnya codein dan aspirin. Kedua jenis obat tersebut tergolong jenis obat pereda nyeri dan batuk yang tidak disarankan. Selain itu dalam obat batuk berdahak biasa terdapat kandungan guaifenesin yang berfungsi mengeluarkan dahak yang juga tidak disarankan bagi ibu yang menyusui. Ada lagi jenis obat flu yang biasanya banyak mengandung phenylephrine dan phenylpropanolamine. Serta obat-obatan yang menyebabkan efek mengantuk. Semua jenis obat diatas tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang menyusui.

Bagi seorang ibu menyusui yang mengalami batuk dan pilek, maka sangat disarankan untuk terburu-buru mengkonsumsi jenis obat pereda batuk dan flu. Ada cara aman yang bisa ibu lakukan yang bisa meringankan gejala batuk dan flu. Misalnya banyak minum air, istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi, serta melakukan terapi uap sendiri secara alami. Anda juga bisa membuat obat batuk dan flu secara alami dengan memanfaatkan air hangat, madu dan perasan jeruk lemon. Jika anda terpaksa harus mengkonsumsi obat, maka anda bisa memilih obat jenis paracetamol dan ibuprofen yang dinilai cukup aman untuk wanita menyusui.

Baca Juga  Berikut Alasan Minum Kopi Bisa Mengatasi Masalah BAB Tidak Lancar

Selain memanfaatkan madu yang dicampur dengan perasan jeruk lemon, seorang ibu yang menyusui dan mengalami batuk pilek bisa memanfaatkan nanas sebagai pilihan obat alami yang aman. Konsumsi nanas dipercaya bisa menyembuhkan batuk serta mampu membantu mengeluarkan lendir yang sangat mengganggu saat batuk. Hal ini dikarenakan dalam buah nanas banyak terkandung bromelain.

Obat batuk dan pilek yang aman dan alami bagi ibu menyusui selanjutnya adalah konsumsi probiotik. Kandungan probiotik banyak terkandung dalam yogurt. Hal ini bukan berarti probiotik bisa mengobati batuk, tetapi dengan konsumsi probiotik maka bisa meningkatkan kekebalan ibu sehingga bisa mengatasi batuk dan pilek secara alami. Jika anda memilih konsumsi probiotik sebagai obat alami batuk dan pilek, maka tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan justru malah membuat dahak yang berada di tenggorokan akan tambah tebal dan sulit dikeluarkan.

Baca Juga  Dampak Pemanasan Global Terhadap Kesehatan

Artikel Terkait : Jangan Sembarangan Konsumsi Obat Pereda Nyeri Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *