Nyeri Punggung Sulit Hilang Meskipun Sudah Minum Obat Nyeri

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat tubuh kita merasa nyeri, misalnya pada area punggung, maka biasanya kita akan beli obat pereda nyeri di apotek. Meskipun kita sudah minum obat pereda nyeri, tak jarang nyeri punggung masih saja ada. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : http://sakitpunggung.org

Secara umum, untuk jenis obat pereda nyeri golongan non-steroid anti-inflamasi (NSAIDs) misalnya ibuprofen dan naproxen hanya bisa mengurangi sedikit rasa nyeri pada area punggung. Untuk jenis obat pereda nyeri jenis ini terdapat efek samping juga.

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan peneliti yang berasal dari Australia’s George Institute for Global Health menyebutkan bahwa orang yang mengalami nyeri punggung kemudian minum obat nyeri golongan NSAIDs ternyata tidak mengalami penurunan nyeri yang signifikan. Studi ini telah melibatkan 6.000 partisipan.

Baca Juga  Kenali Bahaya Menerapkan Pola Makan Bebas Gluten

Selain rasa nyeri yang belum hilang, para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi jenis obat nyeri golongan NSAID baik yang diresepkan oleh dokter atau beli sendiri di toko obat, lebih sering mengalami beberapa efek samping seperti gangguan pencernaan atau bahkan perdarahan.

Pertanyaannya adalah mengapa obat anti-nyeri golongan ini tidak begitu efektif untuk meredakan nyeri, seperti nyeri punggung ?.

Baca Juga : Beberapa Jenis Obat Yang Harus Anda Hindari Saat Perut Kosong

Menyikapi hal yang demikian, salah seorang dokter orthopedi mengatakan bahwa perlu diketahui bahwa nyeri yang umum terjadi pada daerah punggung tentu penyebabnya berbeda. Secara umum disebabkan karena faktor penuaan seperti arthritis. Sedangkan penyebab lain dari nyeri punggung bisa disebabkan karena adanya gangguan saraf dan masalah pada sambungan tulang.

Baca Juga  Ini Dia Manfaat Makan Buah Naga Bagi Kesehatan

Kalau nyeri punggung yang disebabkan karena faktor usia seperti arthritis, maka hal itu terdapat peradangan. Sedangkan yang disebabkan karena masalah saraf berbeda. Oleh karena itu tak heran jika pemberian obat jenis NSAIDs menjadi kurang efektif untuk meredakan rasa nyeri.

Jadi, apabila anda merasakan nyeri pada daerah punggung yang belum juga hilang meskipun sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri, maka sebaiknya anda mencari tahu penyebab rasa nyeri tersebut. Kalau disebabkan karena masalah saraf, biasanya disertai dengan nyeri pada daerah tangan maupun kaki.

Jika ternyata tidak disertai dengan nyeri pada daerah tangan maupun kaki, maka besar kemungkinan hal tersebut disebabkan karena faktor usia yaitu adanya peradangan. Mengkonsumsi obat jenis NSAIDs mungkin bisa membantu untuk meredakan nyeri yang timbul. Meskipun demikian tak semua orang bisa merasakan efek yang sama.

Baca Juga  Orang Kurus Belum Tentu Terbebas Dari Diabetes

Apabila ternyata nyeri punggung yang anda rasakan masih saja tidak mengalami perubahan, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Makanan Alami Yang Bisa Meredakan Rasa Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *