Ngidam Junk Food Saat Sedang PMS

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ngidam junk food saat sedang PMS. Masa PMS atau premenstrual syndrome bisa terbilang unik karena kerap menyebabkan seorang wanita menjadi aneh, seperti mudah marah, ngidam makanan tertentu dan sensitif. Banyak wanita yang mengalami perubahan pola makan saat sedang PMS salah satunya adalah pengen makan junk food.

sumber gambar : merdeka.com

Pada masa PMS, seorang wanita memang akan mengalami perubahan kadar hormon dalam tubuh. Pada kondisi ini tentu akan mempengaruhi mood, keinginan makan, dan emosi seorang wanita. Ternyata keinginan makan junk food saat PMS juga bisa dijelaskan secara ilmiah.

Baca Juga  Pentingnya Memakai Alas Kaki Bagi Penderita Diabetes

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa perubahan kadar hormon pada wanita yang sedang PMS secara umum akan menyebabkan beberapa perubahan pada wanita seperti nafsu makan menjadi meningkat, mudah tersinggung, mood naik turun, kram perut, kembung, mudah merasa lelah, muncul keringat berlebih dan payudara menajdi lebih kencang. Pada kondisi ini tentu seorang wanita akan berusaha makan lebih banyak karena nafsu makan yang meningkat. Salah satu jenis makanan yang mudah dan cepat didapat adalah junk food.

Baca Juga  Tips Memilih Roti Yang Sehat Untuk Dikonsumsi

 

Selain faktor peningkatan nafsu makan pada wanita PMS, dorongan untuk makan junk food juga bisa dipengaruhi oleh rasa stres. Kita tahu bahwa wanita yang mengalami PMS akan mengalami mood yang tak stabil yang artinya mudah stres. Nah saat seseorang stres, maka akan cenderung memilih jenis makanan yang manis dan banyak kandungan lemak. Junk food adalah salah satu jenis makanan yang kaya kandungan glukosa dan lemak. Dengan asupan glukosa dan lemak yang tinggi, maka akan menyebabkan penurunan kadar hormon kortisol yang menyebabkan stres. Pada kondisi lain akan menyebabkan peningkatan hormon serotonin yang erat kaitannya dengan rasa bahagia. Itulah alasan ilmiah mengapa saat PMS banyak wanita yang ngidam ingin makan junk food.

Baca Juga  Dampak Negatif Jika Tubuh Jarang Bergerak

Artikel Terkait : Ada Makanan Yang Bisa Membuat Kita Bahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *