Mulut Yang Terbuka Saat Tidur Bisa Menyebabkan Gigi Cepat Rusak

header niko 728 x 90

tidur dengan mulut terbuka

InspirasiBersama.com – Pernahkah anda melihat orang yang terbuka mulutnya saat tidur ? atau jangan-jangan anda sendiri mengalami hal ini ?. Ternyata tidur dengan kondisi mulut yang terbuka bisa menyebabkan gigi cepat rusak. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Rehabilitation Oral. Mengapa hal ini bisa terjadi ? karena saat mulut terbuka maka keasaman mulut akan mengalami peningkatan sehingga menyebabkan enamel gigi mengalami pengikisan.

Pada saat seseorang tidur dengan kedaan mulut terbuka, maka orang tersebut akan bernapas menggunakan mulut. Kondisi ini menyebabkan mulut akan mengalami pengeringan sehingga produksi air liur akan menurun.

Baca Juga  Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Menurut kesehatan menurunnya produksi air liur akan menyebabkan kadar asam yang tinggi pada mulut. Kita tahu bahwa air liur sangat bagus dalam membunuh banyak bakteri yang masuk ke mulut.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian mengatakan normalnya pH atau kadar keasaman dalam mulut adalah sekitar 7,7. Namun kalau kita tidur dengan mulut terbuka maka pH akan bisa turun menjadi 6,6 bahkan sering dijumpai ada yang sampai 3,6. Hal ini menjadi tanda kalau tingkat keasaman mulut kita tinggi.
Semakin tinggi tingkat keasaman mulut seseorang maka semakin tinggi pula mengalami kerusakan gigi. Biasanya yang sering terjadi adalah terjadi karies gigi, erosi gigi bahkan sampai pada pembusukan gigi.

Baca Juga  Rajin Olahraga Bukan Jaminan Terhindar dari Serangan Jantung

Angka kejadian tidur dengan mulut terbuka sering kita jumpai pada laki-laki. Biasanya mereka yang demikian ini mempunyai penyakit seperti asma atau sleep apnea obstruktif atau napas yang bisa berhenti mendadak saat tidur.

 

Artikel Terkait : Sering Melakukan Oral Seks Bisa Meningkatkan Resiko Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *